Kelas Persiapan Perdana Ujian F3 Financial Accounting ACCA

 

Mengingat pentingnya sertifikasi professional dalam berkarir sebagai akuntan, Jurusan Akuntansi dan Keuangan Universitas Bina Nusantara berusaha untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin memperoleh sertifikat professional dari lembaga/ asosiasi/ organisasi akuntan professional. Salah satu dari asosiasi tersebut adalah ACCA (Association of Chartered Certified Accountants). Sertifikat yang ditawarkan oleh ACCA untuk mahasiswa Binus ada dua, yaitu Diploma in Accounting and Business dan Advanced Diploma in Accounting and Business. Untuk memperoleh Diploma in Accounting and Business, mahasiswa harus mengikuti ujian F1 Accountant in Business, F2 Management Accounting, dan F3 Financial Accounting. Sedangkan untuk memperoleh Advanced Diploma in Accounting and Business, mahasiswa harus mengikuti ujian tambahan, yaitu: F4 Corporate and Business Law, F5 Performance Management, F6 Taxation, F7 Financial Reporting, F8 Audit and Assurance, and F9 Financial Management.

Khusus untuk Jurusan Akuntansi dan Keuangan Binus, mahasiswa tidak perlu mengambil 9 ujian untuk memperoleh Advanced Diploma in Accounting and Business karena kurikulum Jurusan Akuntansi dan Keuangan Binus sudah terakreditasi oleh ACCA, sehingga banyak modul yang di-exempted. Dengan adanya exemption ini, mahasiswa Binus cukup mengikuti ujian F5 Performance Management dan F9 Financial Management untuk memperoleh Advanced Diploma in Accounting and Business. Apabila mahasiswa masih tetap ingin memperoleh Diploma in Accounting and Business sebelum mengikuti ujian untuk Advanced Diploma in Accounting and Business, mahasiswa Binus cukup mengikuti ujian F3 Financial Accounting.

Pada hari Sabtu, 13 Mei 2017, telah dimulai kelas persiapan perdana untuk ujian F3 Financial Accounting. Bagi mahasiswa yang sudah mendaftar menjadi siswa ACCA dan berminat untuk memperoleh Diploma in Accounting and Business, dapat mengikuti kelas persiapan yang diadakan di Kampus Kemanggisan. Kelas persiapan ini dibawakan oleh London School of Accountancy and Finance yang merupakan learning partner ACCA di Indonesia. Tujuan dari dibukanya kelas persiapan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan bekal dan pengetahuan yang lebih, sehingga mahasiswa lebih siap untuk mengikuti ujian tersebut dan berhasil memperoleh sertifikat Advanced Diploma in Accounting and Business.

Diharapkan kedepannya, minat mahasiswa Binus dalam mengembangkan pengetahuannya melalui pendidikan professional meningkat dan kelas-kelas persiapan seperti ini dapat diadakan secara rutin bagi mahasiswa Binus, bukan hanya modul F3 Financial Accounting, tapi modul advanced seperti F5 Performance Management dan F9 Financial Management.

(Suasana kelas persiapan perdana ujian F3 ACCA tanggal 13 Mei 2017 di Kampus Anggrek)

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ACCA berikutnya, dapat menghubungi Ibu Sasya Sabrina di sasyasabrina@binus.ac.id.

SS