Fungsi Jurnal Pembalik dalam Akuntansi

Tidak semua jurnal penyesuaian di akhir periode perlu jurnal pembalik. Karena hanya beberapa transaksi saja yang memerlukan jurnal pembalik pada awal periode berikutnya. Jurnal-jurnal penyesuaian mana sajakah yang memerlukan jurnal pembalik?

Ada 4 hal yang perlu dibuatkan ayat jurnal pembalik, yaitu:

  • Ayat jurnal penyesuaian atas beban yang masih harus dibayar/beban akrual/ utang akrual, seperti beban upah yang masih harus dibayar (utang upah) dan beban bunga yang masih harus dibayar (utang bunga).
  • Ayat jurnal penyesuaian atas pendapatan yang masih harus diterima/pendapatan akrual/piutang akrual, seperti pendapatan bunga yang masih harus diterima (piutang bunga).
  • Ayat jurnal penyesuaian atas biaya dibayar di muka yang mula-mula dicatat langsung sebagai beban bukan sebagai aktiva/prepaid, seperti biaya sewa dibayar di muka (prepaid rent) yang mula-mula dicatat sebagai beban sewa (rent expense), biaya iklan dibayar di muka (prepaid advertising) yang mula-mula dicatat sebagai beban iklan (advertising expense), dan biaya asuransi dibayar di muka (prepaid insurance) yang mula-mula dicatat sebagai beban asuransi (insurance expense).
  • Ayat jurnal penyesuaian atas pendapatan diterima di muka yang mula-mula dicatat langsung sebagai pendapatan bukan sebagai utang, seperti pendapatan sewa diterima di muka (unearned rent revenue) yang mula-mula dicatat sebagai pendapatan sewa (rent revenue), dan lain-lain. Ingat kembali bahwa unearned rent revenue merupakan komponen dari neraca yaitu sebagai utang, sedangkan rent revenue merupakan komponen dari laporan laba rugi yaitu sebagai pendapatan lain-lain (other income).

Disarikan dari buku: 225 Soal-Jawaban Akuntansi Dasar, penulis: Hery,S.E.,M.Si, halaman: 7–8.