Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintahan bagi SDM di lingkungan Kemenkumham RI. Workshop berdurasi 3 hari itu diselenggarakan di Jakarta dan dirangkai dengan pelaksanaan Ujian Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan (US AAP) selama 2 hari. Workshop dan US AAP itu diikuti 90 peserta dari Kemenkumham, terdiri dari 60 peserta AAP A dan 30 peserta AAP B.

Setelah pelatihan dan US AAP, Kemenkumham RI juga menggelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Tingkat Manajerial Tahun 2018, bekerjasama dengan IAI. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan laporan akuntabilitas keuangan di lingkungan Kemenkumham RI.

Rangkaian kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bambang Rantam ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan bagi pejabat di Kemenkumhan RI di bidang akuntansi dan pelaporan keuangan di lingkungan pemerintahan. Dalam sambutannya, Bambang Rantam menekankan pentingnya kegiatan seperti ini sebagai salah satu upaya konkrit Kemenkumham untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dengan memenuhi prinsip tepat waktu dan disusun dengan mengikuti standar akuntansi pemerintahan yang telah diterima secara umum.

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu rekomendasi hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan Kemenkumham. Karena itu Kemenkumham terus berupaya untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang transparan, akuntabel, dan akurat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu upaya tersebut dapat diwujudkan dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi tentang akuntansi pemerintah.

Menurut Bambang Rantam, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan informasi mutakhir tentang akuntansi pemerintah, sesuai dengan sistem standar akuntansi pemerintah yang berlaku. “Melalui kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berdiskusi dengan ahli akuntansi pemerintah, serta mempertajam keahlian akuntansi pemerintahan para peserta,” tutur Bambang.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (IAI KASP), Margustienny mewakili Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI, menyampaikan apresiasi kepada Kemenkumham yang selalu berupaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di lingkungan Kemenkumham, sehingga lembaga ini semakin dipercaya publik serta mampu meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu.

IAI juga mengapresiasi kegiatan Pelatihan Akuntansi Pemerintahan dan US AAP A & B sebagai faktor penting dalam upaya menyiapkan SDM akuntansi dan keuangan yang kompeten dan berkualitas. Ini menjadi bukti bahwa SDM akuntansi dan keuangan di Kemenkumham memiliki perhatian dan keseriusan untuk menyusun laporan keuangan sesuai standar yang berlaku. SDM seperti ini akan berkontribusi optimal untuk menjaga transparansi dan governance di Kemenkumham, sehingga tercipta aparat pemerintahan dengan tata kelola yang baik, bersih, akuntabel, dalam upaya menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1082-gandeng-iai-kemenkumham-ri-konsisten-berupaya-tingkatkan-kualitas-laporan-keuangan
MSD