Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bekerja sama dengan The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)memperkenalkan CIMA-IAI Strategic Leaders Programme. Program ini menyediakan fast track untuk Chartered Accountants (CA) yang merupakan Anggota Utama IAI Aktif dan memiliki pengalaman kerja di atas 10 tahun. CA yang memenuhi syarat hanya perlu melewati 1 ujian final dari total 15 ujian untuk menjadi member CIMA.

IAI sebagai asosiasi profesi akuntan di Indonesia mempunyai tanggung-jawab untuk menciptakan akuntan profesional dalam bisnis dengan kualifikasi internasional. Program bersama IAI dan CIMA ini dirancang untuk mengembangkan dan memperkuat akuntan profesional dalam bisnis serta mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. CA dengan kemampuan manajemen yang tinggi sangat dibutuhkan dalam menghadapi dinamika global untuk kelangsungan bisnis perusahaan. Kandidat yang lulus Program ini akan mendapat gelar Chartered Global Management Accountants (CGMA).

CGMA adalah standar kualitas global untuk profesi akuntansi manajemen. Title tersebut menjadi pengakuan atas kemampuan dan pengetahuan akuntan manajemen dalam menghasilkan kinerja bisnis yang kuat. Kerangka kompetensi CGMA mengintegrasikan kemampuan teknikal (core accounting and finance), kemampuan bisnis, kemampuan personal, dan kemampuan leadership. Seorang CGMA memiliki kemampuan untuk berpikir strategis dan komprehensif guna memimpin organisasi dalam menghasilkan pertumbuhan yang positif. Pengakuan internasional memberikan keunggulan seorang CGMA dalam berkompetisi di level regional maupun global.

Persyaratan

  • Anggota utama IAI yang memiliki kualifikasi Chartered Accountants (CA) IAI.
  • Anggota utama IAI yang aktif dan telah memenuhi semua kewajibannya serta tidak pernah  melakukan pelanggaran kode etik dan profesi IAI.
  • Memiliki pengalaman kerja di atas 10 tahun di bisnis, keuangan, dan akuntansi (pengalaman kerja mengacu pada Practical Experience Requirement CIMA)

Kandidat yang memenuhi syarat dan memenuhi kualifikasi profesional CIMA hanya perlu mengikuti satu mata ujian terakhir yaitu Strategic Case Study Exam (SCS). Setelah lulus SCS, kandidat harus mengirimkan (to submit) membership application(persyaratan pengalaman kerja 3 tahun yang relevant) untuk menjadi member CIMA dan mendapatkan title CGMA.

Investasi

GBP 2,500 / ± IDR 50.000.000 (termasuk biaya registrasi, iuran tahun pertama, exemptions, dan 1 kali ujian SCS) ditambah IDR 15.000.000 untuk biaya persiapan kelas di IAI

Tata Cara Pendaftaran

  1. Kandidat melengkapi formulir aplikasi dan menyertakan dokumen sebagai berikut ke CIMA atau IAI:
    1. Detailed CV
    2. Copy dari Ijazah pendidikan S1/S2
    3. Copy dari Sertifikat CA
    4. Copy dari paspor / KTP yang berlaku
  2. Setelah dinyatakan eligible, kandidat mendaftar sebagai student CIMA melalui website CIMA
  3. Kandidat mengikuti kelas persiapan yang diadakan di IAI
  4. Kandidat mengikuti ujian Strategic Case Study
  5. Setelah lulus, melengkapi membership application untuk menjadi member CIMA dan mendapatkan title ACMA, CGMA

Timeline untuk 2018

Batas pendaftaran : 28 September 2018

Kelas Persiapan : Oktober – November 2018

Ujian SCS         : 20 – 24 November 2018 (memilih salah satu tanggal)

Hasil ujian         : 10 Januari 2019

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1073-cimaiai-strategic-leaders-programme

MSD