People Innovation Excellence
 

RAT STRATEGIS BAGI PENGEMBANGAN KOPERASI

Hasil gambar untuk RAT STRATEGIS BAGI PENGEMBANGAN KOPERASI

Bogor – Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi mempunyai arti yang penting dan cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik. Pasalnya, pada forum ini akan dibicarakan dan diputuskan kebijakan-kebijakan penting dalam koperasi, khususnya yang terkait dengan keputusan anggota terhadap pertanggungjawaban pengurus dan pengawas dalam menjalankan organisasi dan usaha koperasi. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, saat memberikan sambutan pada pembukaan RAT Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) ke-VII, di Kota Bogor, Kamis (18/5).

Di acara yang dihadiri Ketua Gakoptindo Aip Syaripudin, Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sukri, dan Direktur Mikro BANK BRI Joko Purwanto, Meliadi memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus dan pengawas Gakoptindo yang telah menyelenggarakan RAT secara tepat waktu. “Hal ini mencerminkan bahwa pelaksanaan demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Gakoptindo berjalan dengan baik”, papar Meliadi.

Lebih dari itu, lanjut Meliadi, RAT koperasi merupakan agenda penting yang menjadi kewajiban pengurus untuk menyelenggarakannya secara tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Sehingga, dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis dan konstruktif bagi perkembangan koperasi di masa yang akan datang”, tandas dia.

Oleh karena itu, Meliadi berharap pelaksanaan RAT tersebut dapat berjalan dengan baik dan berkualitas diikuti dengan peran aktif seluruh peserta, sehingga keputusan yang dihasilkan benar-benar bermanfaat bagi perkembangan koperasi. “RAT yang baik dan berkualitas akan menghasilkan keputusan dan rekomendasi yang baik dan berkualitas pula. Dan itu merupakan dasar pijakan bagi para pengelola koperasi dalam mengelola organisasi dan usaha menuju koperasi yang berkualitas”, imbuh Meliadi lagi.

Saat ini, perkembangan jumlah anggota Gakoptindo tahun buku 2016 mencapai 21 Puskopti, dan tidak ada penambahan jumlah anggota dari tahun sebelumnya. Selanjutnya, kinerja keuangan Gakoptindo menunjukkan kondisi yang masih dikatakan cukup baik, walaupun terjadi penurunan jumlah aset dan modal sendiri. Kinerja keuangan Gakoptindo dapat ditunjukkan dengan jumlah aset koperasi pada tahun buku 2016 menjadi Rp927 juta atau naik sebesar 31,30% dari tahun buku 2015 sebesar Rp706 juta. Di sisi lain, pendapatan tahun buku 2016 menjadi sebesar Rp232 juta atau turun sebesar 61,9% dari tahun buku 2015 sebesar Rp609 juta.

“Ke depan, saya berharap, agar kinerja keuangan Gakoptindo lebih ditingkatkan lagi, terutama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan anggota”, pungkas Meliadi.

Bogor 18 Mei 2017

Humas Kementerian Koperasi dan UKM

http://www.depkop.go.id/read/rat-strategis-bagi-pengembangan-koperasi

MA


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close