Buletin Teknis 2 (Bultek 2): Akuntansi Untuk Pembiayaan Besama Atas Fasilitas Kredit merupakan produk non standar yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) yang bertujuan sebagai acuan untuk pembiayaan bersama agar perlakuan akuntansi untuk transaksi ini konsisten diterapkan di entitas perusahaan pembiayaan. 

Bultek 2 ini dikeluarkan pada tahun 2006 ketika Indonesia belum melakukan konvergensi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) ke IFRS Standards. IFRS Standards memberikan pengaturan bersifat principle-based, sedangkan Bultek 2 memberikan pengaturan bersifat rule-based yang mungkin dapat berbeda dengan substansi transaksinya.

Analisis terkait pengakuan, pengukuran, penyajian, pengungkapan termasuk kriteria derecognition untuk pembiayaan bersama atas fasilitas kredit harus dilakukan oleh entitas perusahaan pembiayaan secara kasus per kasus sesuai dengan substansi transaksinya dan pengaturannya mengacu kepada PSAK yang relevan.

Dengan ini, DSAK IAI mencabut dan menyatakan bahwa Bultek 2 tidak berlaku, efektif sejak tanggal 1 Januari 2019.

Sumber : http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1133-press-release–pencabutan-atas-buletin-teknis-2-akuntansi-untuk-pembiayaan-bersama-atas-fasilitas-kredit

MSD