Hasil gambar untuk MENTERI KOPERASI INGIN BATIK TERUS DIGAUNGKAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA

PEKALONGAN, – Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Puspayoga membuka Pekan Batik Nusantara 2016 (PBN) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (4/10/2016). PBN 2016 digelar di Lapangan Jetayu Kota Pekalongan menampilkan 155 stand pameran batik dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) serta lebih dari 90 stand kuliner.

Dalam pidatonya, Menkop dan UMKM mengapresiasi dengan adanya Pekan Batik Nusantara karena ikut memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, dirinya menginginkan setiap daerah di Indonesia menggaungkan batik sebagai warisan budaya dan dunia. “Meski dari Jawa, batik sekarang sudah ada di seluruh penjuru Indonesia, di Papua, Aceh, Manado kini memakai batik,” kata Puspayoga.

Menurut dia, pada pemerintahan Joko Widodo, banyak deregulasi yang berpihak pada usaha kecil dan menengah. Tujuannya agar pertumbuhan ekonomi meningkat serta mengurangi angka pengangguran, khususnya di Indonesia, sehingga kemiskinan bisa ditekan. “Salah satunya dengan Pekan Batik Nusantara ini yang tentunya bisa meningkatkan penghasilan UKM dari seluruh Indonesia,” tandas dia.

Dalam pembukaan itu, Puspayoga ikut membatik bersama Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur Jawa Tengah, Ganjr Pranowo, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Chondro Kirono, serta Wakil Ketua KADIN Pusat Zainal Bintang.