People Innovation Excellence
 

Stabilitas Ekonomi Terjaga, BI dan OJK Dorong Optimisme Hadapi 2019

Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim stabilitas ekonomi dan sektor keuangan sepanjang 2018 terjaga baik. Untuk itu, keduanya berkomitmen melanjutkan sinergi menghadapi tahun baru 2019, yang bertepatan dengan pengelenggaraan Pemilu.

Salah satu indikator positifnya stabilitas ekonomi pada tahun lalu adalah pertumbuhan ekonomi yang diproyeksi mencapai 5,2%. Angka tersebut lebih tinggi ketimbang 2017 yang hanya 5,07%. “Kuncinya, sinergi dan optimisme,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat silaturahmi dengan OJK di kantornya, Jakarta, Rabu (2/1).

Oleh sebab itu, menurutnya sinergi ini mesti dilanjutkan supaya stabilitas ekonomi tetap terjaga di 2019 atau bahkan lebih baik. “Saya ajak BI dan jajaran OJK mau perkuat sinergi dan optimisme untuk menyongsong 2019 dan tahun-tahun berikutnya dengan kinerja ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Perry menyebutkan bahwa rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan mencapai 22,9% pada Oktober 2018 dan rasio likuiditas atau aset likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) sebesar 19,2% pada Oktober 2018. Lalu, rasio kredit bermasalah (Non Peforming Loan/NPL) sebesar 2,6% gross dan 1,2% nett.

Senada dengannya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut, stabilitas sistem keuangan selama 2018 positif. Misalnya, pertumbuhan kredit perbankan sudah mencapai 13,1% per Oktober 2018. Padahal, pertumbuhan kredit hanya sekitar 8% pada periode sama di 2017.

Pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga dibuka menguat ke level 6.200. Ia optimistis IHSG bisa melaju di level 6.500 hingga 7.000 pada 2019. “Di pasar modal, kami katakan boleh angka 20% kenaikan baik (jumlah) emiten maupun dalam nominal,” kata Wimboh.

Sepakat dengan Perry, menurut dia stabilitas ekonomi dan sistem keuangan yang terjaga adalah hasil dari sinergi BI dengan OJK. “Kami sinergi dengan BI, Kementerian Keuangan, dan para pengusaha sehingga kami harus tancap gas di pekan pertama 2019,” ujar dia. “Sinergi ini pada 2018 kemarin kami bisa berhubungan baik.”

SUMBER:https://katadata.co.id/berita/2019/01/02/stabilitas-ekonomi-terjaga-bi-dan-ojk-dorong-optimisme-hadapi-2019

 

SyeptiHadijaya


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close