People Innovation Excellence
 

OLEH OLEH KONGRES XIII : Presiden Joko Widodo – Akuntan harus ciptakan prosedur yang sederhana dan proses yang cepat

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di pembukaan Kongres XIII Ikatan Akuntan Indonesia di Istana Negara (juga streaming di Balai Kartini) Jakarta tanggal 11 Desember 2018 mengatakan bahwa akuntan Indonesia harus mampu menyusun prosedur yang sederhana, tidak berbelit-belit sehingga keseluruhan proses dapat jauh lebih cepat. Lebih lanjut Presiden mengungkapkan bahwa dalam dunia sekarang yang memenangkan kompetisi bukan yang besar, bukan yang kuat melainkan yang cepat.

Pemerintah dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan telah mengalihkan belanja Pemerintah yang kurang produktif misalnya subsidi BBM ke belanja yang lebih produktif. Diharapkan dalam proses pencapaian SDGs tersebut, akuntan dapat berperan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas sehingga dapat memastikan bahwa ekonomi negara dikelola secara sehat.

Akuntan harus memastikan bahwa selain harus akuntabel, efisien, dan berorientasi pada hasil, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kecepatan. Informasi yang cepat dan tepat waktu akan membantu kecepatan pengambilan keputusan sehingga mampu memenangkan persaingan global. Presiden mencontohkan prosedur pertanggungjawaban yang sangat berbelit-belit namun masih saja ditemukan fraud oleh KPK. Tugas akuntanlah untuk membuat prosedur tersebut sesederhana mungkin namun tetap akuntabel, efisien, dan berorientasi pada hasil.

Selain itu, Presiden juga memberikan arahan terkait orientasi akuntansi yang selama ini berorientasi pada penghematan namun belum memperhatikan opportunity cost. Dengan mempertimbangkan juga opportunity cost, akuntansi akan dapat melihat cakupan yang lebih luas sehingga tidak kehilangan kesempatan untuk berinovasi.

Presiden juga mengingatkan bahwa sistem akuntansi jangan hanya berorientasi pada kepatuhan saja, namun harus berorientasi pada etika sosial, etika moral, dan keadilan.

-HK-


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close