People Innovation Excellence
 

Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan

Buku ini memberikan pencerahan kepada pembacanya mengenai proses reformasi perpajakan, amandemen UU Perpajakan, dan modernisasi administrasi perpajakan yang tengah berlangsung di Indonesia. Banyak hal yang selama ini belum mengemuka kepada publik mengenai reformasi perpajakan, dan modernisasi administrasi perpajakan, telah dipaparkan. Bagi akademisi dapat menjadi bahan telaahan, bagi pelaku bisnis menjadi alat dalam melakukan pengelolaan pajaknya, pengamat perpajakan dapat menjadikannya referensi dalam memberikan pendapat opini perpajakan. Demikian juga para pengambil kebijakan dan aparat perpajakan dapat menjadikan sebagai referensi dan bahan bacaan perluasan wawasan dan pengetahuan perpajakan.

Dengan modernisasi administrasi perpajakan, pelayanan prima di setiap unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak menjadi salah satu yang utama untuk dilaksanakan, yang diimbangi dengan pengawasan yang efektif. Hal ini didukung oleh organisasi yang berbasis fungsi dan sumber daya manusia yang profesional. Sejauh mana hasil yang diperoleh dengan modernisasi perpajakan ini? Survei yang dilakukan oleh AC Nielsen ñ sebuah lembaga survei internasional yang independen–menunjukkan bahwa tingkat kepuasan Wajib Pajak (Customer Satisfaction Index, eQ Index) setelah dilayani dengan konsep modernisasi sebesar 81. Indeks ini sangat menggembirakan bagi perpajakan di Indonesia, karena ternyata berada di atas Hongkong (71), Australia (74), dan Singapura (76).

Modernisasi administrasi perpajakan bukan hanya milik Direktorat Jenderal Pajak juga milik masyarakat yakni Wajib Pajak. Untuk itu, perlu ada pemahaman yang sama tentang modernisasi perpajakan. Untuk mendukungnya, tentu perlu ada bahan bacaan yang terkait dengan modernisasi perpajakan.

Liberty Pandiangan adalah Dosen Akuntansi dan Pajak pada Progran Studi Auntansi dan Keuangan Universitas Bina Nusantara

Sumber : https://ebooks.gramedia.com/books/modernisasi-reformasi-pelayanan-perpajakan

Maya Safira dewi


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close