People Innovation Excellence
 

Lidiawati presentasi hasil penelitian pada ICCD 2018

Lidiyawati , faculty member Jurusan Akuntansi dan Keuangan mempresentasikan penelitiannya pada ICCD 2018.

ICCD 2018 adalah International Conference on Community development. Bertempat di auditorium Lantai 4 Kampus Binus University sebagai penyelenggara perdana. Kampus Binus Anggrek di Jl. Kebon Jeruk Raya no 27. Jakarta Barat. ICCD 2018 Diselenggarakan pada tanggal 15 November 2018 dengan thema  Sustainable Development in Millenium Era.  Konferensi ini diagendakan sebagai international conference tahunan selama 5 tahun dengan tujuan sebagai wadah inspirasi dan aspirasi Dosen, praktisi dan elemen lainnya yang tertarik untuk memberikan kajian atas pelaksanaan kegiatan pengembangan komunitas yang mampu memberi manfaat terhadap program pemberdayaan Masyarakat sehingga peduli terhadap ekonomi sosial dan juga lingkungan.

Event ini digagas oleh 5 universitas yakni Binus University, UMB, Sahid University, Budi Luhur University, Mustopo University. Terimakasih kepada 5 universitas Utama yang telah berkontribusi menjadi panitia dan pelaksana kegiatan.

Diikuti oleh 96 presenter paper tentang Community Development. Topik paper yang dipresentasikan Antara lain adalah hasil pengabdian dan temuan di masyarakat terutama di area SDGs (Sustainable Development Goals) ,  special topics Entrepreneurship and innovation, Media Literacy, water and sanitation, Communication Environment, Gender equality and family planning, Good health and well being, Quality Education, CSR and empowerment, Information Communication Technology, Sustainable Development, Clean energy, Food Technology and security, art & Culture. Dan juga terbuka di area lainnya yang terkait dengan kegiatan pengembangan komunitas. Semua paper yang telah dipresentasikan terkumpul dalam proceeding ICCD 2018 vol 1 no 1 November 2018 dengan ISSN 26225611.

Dalam hal ini juga mengundang para nara sumber yang salah satunya adalah dari pemerintah yakni Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, karena diharapkan agar Kementrian koperasi dan UMKM akan terus mendampingi dan melakukan pengawasan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yakni pengembangan komunitas Utama di bidang usaha mikro kecil dan menengah. Untuk saat ini sudah lebih dari 186 UMKM yang terdata secara rutin  untuk mendapat pendampingan dalam berbisnis dimulai dari tahapan awal berbisnis hingga proses dan pemasarannya serta peningkatan kualitas SDMnya.

Dalam program pengembangan komunitas tentunya juga diperlukan kemitraan yang berkesinambungan yakni dari beberapa mitra Negara diantaranya US, Hongkong, Malaysia, Phillipina,   dan mitra lokal Indonesia. Di event perdana ICCD 2018 telah hadir nama nama berikut:

  1. Perwakilan Negara Amerika serikat adalah Ravi K Menon (Global Alliance for improved Nutrition-GAIN),
  2. Perwakilan Negara Hongkong adalah Mr. Yogesh Kappor ( International art Public Speaker),
  3. Perwakilan Negara Malaysia adalah Mr. Dr Anees Janee Ali (USM),
  4. Perwakilan Negara Phillipina adalah Lexie C Estacio (UA & P Foundation Inc),
  5. Perwakilan Negara Indonesia adalah Mr. Prof Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D (Vice Rector of research and technology Transfer Binus University, Indonesia),
  6. Dan Ms. Dr. Rinda Hedwig (Researcher Binus University and Com.Dev Volunteer Nasional).

Dalam kesempatan perdana ini dibuka oleh wakil rector 3 Binus University Bidang Student affair & community Development yakni Mr. Johan S.Kom, M.Si. Bahwa Binus bertekad untuk bekerja keras meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat demi  kepentingan bangsa dan Negara.

Di akhir kata semoga Kegiatan ini mampu menjadi penggerak sinergitas Antara bebera elemen yakni pemerintah, partner internasional, Lembaga swadaya masyarakat, sukarelawan, Dosen dan mahaiswa serta elemen lainnya untuk bersama sama bergotong royong memberdayakan masyarakat meningkat ekonomi, kesejahteraan sosial dan menjaga lingkungan serta melestarikannya. sumber : http://binus.ac.id/2018/11/binus-university-gelar-international-conference-on-community-development-iccd-2018/

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close