DOSEN DAN MAHASISWA ACCOUNTING DEPARTMENT BINUS UNIVERSITY  MENGHADIRI SEMINAR NASIONAL

 “Meningkatkan Kesadaran Pajak”

Dosen dan mahasiswa  Jurusan Akutansi  sekaligus sebagai anggota Relawan Pajak dari Binus University ikut menghadiri Seminar Nasional. Pada kesempatan tersebut mahasiswa Binus University mendapat kehormatan berfoto bersama dengan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

Memeriahkan Hari Pajak yang pertama yang jatuh pada tanggal 14 Juli 2018, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) meramaikan pekan kedua bulan Juli ini dengan serangkaian kegiatan, yang salah satunya adalah Seminar Pajak yang pada penyelenggaraan kali ini mengambil tema “Meningkatkan Kesadaran Pajak” di Auditorium Cakti Buddhi Bhakti, Gedung Marie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018.

Pada acara tersebut dihadiri 1084 peserta yang terdiri dari para mahasiswa yang merupakan relawan pajak, dosen, awak media, dan para pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan memanfaatkan momen tersebut untuk saling berinteraksi membahas topik kesadaran pajak.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengawali rangkaian kegiatan dengan menyampaikanpa peran kunci mengenai kondisi perpajakan Indonesia terkini dan pentingnya reformasi perpajakan.

Di acara inti seminar, enam panelis dari berbagai latarbelakang ikut menyumbangkan pemikiran mengenai pentingnya pajak dan kesadaranakan pajak. Keenam narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Dra. HaulaRosdiana, M.Si (Guru Besar Bidang Ilmu Kebijakan Pajak pada Universitas Indonesia); Darussalam, SE., Ak., CA., M.Si., LL.M Int Tax (Pengamat Perpajakan/Anggota Tim Reformasi Perpajakan); Ir. Suryopratomo (Direktur Utama Metro TV); Mukhamad Misbakhun, SE, MH (Anggota Dewan Perwakilan Rakyat); YustinusPrastowo (Direktur Eksekutif Center for Indonesia Tax Analysis – CITA); dan Muhammad Idrus (Ketua Kompartemen Modal dan Investasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

Dalam seminar yang dipandu Brigita Manohara (Pembawa Acara Berita Nasional) tersebut, banyak topik-topik yang disampaikan mulai dari sejarah pajak, pajak sebagai instrumen demokratisasi, perbaikan sistem perpajakan, edukasi masalah perpajakan Indonesia, fungsi pajak dalam perekonomian, dan pajak dari sudut pandang pelaku usaha.

Menutup Seminar Pajak dalam rangka Hari Pajak, para narasumber sepakat bahwa kepercayaan, kebersamaan, dan kegotongroyongan dari seluruh elemen masyarakat perlu dibangun sehingga kepatuhan pajak meningkat yang pada akhrinya mewujudkan Indonesia yang kuat.

KM#8 Levana Dhia Prawati, SE, MSI, AK