Di dalam Capital Investment Decision, sasaran utama di dalam kompetensi ini adalah analisis alternatif investasi jangka panjang dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif dan membuat rekomendasi.  Kompetensi yang diharapkan oleh IMA terkait dengan akuntan manajemen adalah:

  1. Merekomendasikan potensi baru di dalam usaha bisnis (misalnya, produk baru, layanan baru, Pasar baru) berdasarkan faktor kuantitatif dan kualitatif.
  2. Melakukan analisis Merger and Aquisition untuk transaksi yang kompleks dan membuat rekomendasi kepada manajemen dan dewan senior.

   Capital Investment Decision lebih menitikberatkan kepada keputusan dari investasi yang akan dilakukan baik kepada produk maupun juga segment pasar dan layanan yang baru, sehingga nantinya akan ada perhitungan mengenai profitability index dalam menilai sebuah project atau produk yang akan dikembangkan oleh perusahaan. Dengan profitability index tersebut, akan memudahkan akuntan manajemen dalam me-ranking segment yang lebih menguntungkan dibandingkan yang lainnya dan akan terfokus pada bagian tersebut. Bukan hanya pemilihan akan berinvestasi saja yag akan dihitung, namun juga kepada perhitungan mengenai kesempatan yang akan timbul di masa depan dan juga masa kini terkait dengan investasi yang ada. Dapat juga kesempatan invetasi tersebut berkurang dikarenakan adanya segment yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan segment lainnya.

 

 

-SPH