Saat terjadinya peristiwa pembunuhan, polisi harus mencari data-data sebagai sebuah modus operansi dan modus vivendinya dari pembunuhan tersebut, kapan terjadinya, berapa luas modus dan berapa lama mereka merencanakan dan siapa yang menyuruh mereka membunuh. Polisi yang membutuhkan data lengkap si tersangka pembunuhan dengan berbagai cara dan metode dilakukan agar bisa menggali data verbal. Fakta yang didapat polisi akan menjadi sebuah data apabila fakta tersebut di rekam, dihitung, diukur dan dicatatnya.

   Begitu juga dalam pengumpulan data awal dalam penelitian ilmiah. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan terhadap sampel yang telah ditentukan sebelumnya. Data bisa memiliki berbagai wujud, mulai dari gambar, suara, huruf, angka, bahasa dan simbol, serta keadaan. Tujuan dari pengumpulan data dan Teknik pengumpulan data adalah demi mendapatkan data yang valid, sehingga hasil dan kesimpulan penelitian tidak akan di ragukan kebenarannya.  Masing-masing penelitian memiliki proses pengumpulan data yang berbeda, tergantung dari jenis penelitian yang hendak dibuat oleh peneliti.

   Data dapat dibedakan dalam beberapa kategori. Jenis-jenis data dapat dikategorikan sebagai berikut:

Menurut cara memperolehnya:

  1. Data primer, yaitu data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti langsung dari subjek atau objek penelitian.
  2. Data sekunder, yaitu data yang didapatkan tidak secara langsung dari objek atau subjek penelitian.

Menurut sumbernya :

  1. Data internal, yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan dalam sebuah organisasi
  2. Data eksternal, yaitu data yang menggambarkan duatu keadaan atau kegiatan di luar sebuah organisasi.

Menurut sifatnya :

  1. Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka pasti
  2. Data kualitatif, yaitu data yang bukan berbentuk angka

Menurut waktu pengumpulannya :

  1. Cross section/insidentil, yaitu data yang dikumpulkan hanya pada suatu waktu tertentu
  2. Data berkala/time series, yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan suatu perkembangan atau kecenderungan keadaan/peristiwa/kegiatan.

 

Daftar Pustaka

http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian

 

– MEI