Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan sebuah program pembangunan keberlanjutan yang diusung oleh United Nation yang di dalamnya terdapat 17 tujuan atau goals dengan di dalamnya terdapat 169 target yang harus dicapai dalam waktu yang sudah ditentukan. Konsep ini untuk melanjutkan konsep pembangunan Millenium Development Goals (MDGs) dengan tujuan atau target pada tahun 2030, semua target sudah terpenuhi oleh berbagai negara yang ikut ke dlaam program ini. SDGs akan mewakili sebuah kesepakatan yang belum terjadi sebelumnya terkait dengan prioritas pembangunan bekelanjutan yang ada pada 193 negara anggota di dunia.
Tujuan dari SDGs sendiri adalah:
1. Mengakhiri segala bentuk kemiskinan yang ada di negara manapun.
2. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, meningkatkan gizi, dan mendorong pertanian yang berkelanjutan.
3. Menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.
4. Menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.
5. Menjamin kesetaraan gender serta memberdayakan seluruh perempuan.
6. Menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang.
7. Menjamin akses energi yang terjangkau, terjamin, berkelanjutan, serta modern bagi semua orang.
8. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang terus menerus, inklusif, dan berkelanjutan, serta kesempatan kerja penuh, produktif, dan pekerjaan layak bagi semua orang.
9. Membangun infrastruktur yang berketahanan, mendorong industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta membina inovasi.
10. Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antar negara.
11. Menjadikan kota dan pemungkiman manusia inklusif, aman, berketahanan, dan berkelajutan.
12. Menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.
13. Melindungi, memperbarui, serta mendorong penggunaan ekosistem daratan yang berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, menghentikan dan memulihkan dgradasi tanah, serta mengehntikan kerugian keanekaragaman hayati.
14. Mendorong masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan bagi semua orang, serta membangun institusi yang efektif, accountable, dan inklusif di seluruh tingkatan.
15. Memperkuat perangkat-perangkat implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.

Dari keseluruhan 17 target tersebut, 3 pilar yaitu pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pelindungan lingkungan ada di dalamnya dan ditambah dengan adanya partnership bahwa keseluruhan target ini tidak bisa dicapai jika hanya dari satu negara saja. Seluruh negara anggota perlu untuk ambil dalih di dalam program ini dan memperkuat kemitraan global. (SPH)