People Innovation Excellence

Sustainable Development Goals – No Poverty

Poin pertama dari sustanable development goals (SDGs) adalah No Poverty yang berarti mengakhiri segala bentuk kemiskinan di negara manapun. Seperti yang dikutip dalam website United Nation, www.un.org, adanya pengurangan kemiskinan di dunia sudah melebihi setengahnya sejak tahun 1990. Kemiskinan merupakan kurangnya pendapatan dan sumber daya yang ada untuk tercapainya kehidupan yang berkelanjutan. Kemiskinan bukan hanya berarti di dalam ekonomi saja, namun juga pada akses lainnya, seperti kurangnya akses dalam pendidikan. Selain itu, kemiskinan juga mencakup kelaparan dan kekurangan gizi, diskriminasi sosial, dan kurangnya partisipasi di dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, maka hal-hal tersebut dapat dikurangi dan juga kesempatan untuk mendapatkan peekrjaan serta kesetaraan derajat juga dapat lebih terpenuhi.
Tujuan atau target yang ingin dicapai pada tahun 2030 adalah untuk menghilangkan seala bentuk kemiskinan pada tahun 2030. Lebih dari 700 juta orang di dunia masih hidup dengan kemiskinan yang cukup ekstrim dan mereka berjuang untuk mendapatkan kebutuhan yang mendasar yaitu kesehatan, edukasi, dan akses untuk mendapatkan air bersih dan sanitasi. Indonesia, menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam kategori dengan pendapatan rendah adalah negara dengan penduduk setengah dari kemiskinan global.
Sebagai seorang akuntan, perlu adanya keterkaitan di dalam sustainability development goals, sebagai salah satu pihak yang juga ikut andil di dalam pengambilan keputusan di dalam perusahaan. Sebagai bagian dari sebuah negara dan perusahaan, dengan adanya keselarasan dari ekonomi dan juga mengurangi kemiskinan, maka akan dapat juga mengurangi adanya konflik, instabilitas negara, dan juga adanya kestabilan sosial politik antar negara. Sebagai akuntan perlu untuk mengetahui goals dari sebuah negara dan perusahaan agar para akuntan dapat memberikan input kepada pembuat keputusan dari sisi keuangan dan juga non keuangan perusahaan. (SPH)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close