Target pada Sustainable Development Goal ke 12 adalah konsumsi bertanggung jawab dan produksi dengan memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan adalah tentang mempromosikan efisiensi sumber daya dan energi, infrastruktur berkelanjutan, dan penyediaan akses terhadap layanan dasar, pekerjaan ramah lingkungan dan hijau dan kualitas hidup yang lebih baik untuk semua. Implementasinya membantu mencapai keseluruhan rencana pembangunan, mengurangi biaya ekonomi, lingkungan dan sosial di masa depan, memperkuat daya saing ekonomi dan mengurangi kemiskinan.
Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan bertujuan untuk “berbuat lebih banyak dan lebih baik dengan lebih sedikit dalam memanfaatkan sumber daya,” meningkatkan keuntungan kesejahteraan dari aktivitas ekonomi dengan mengurangi penggunaan sumber daya, degradasi dan polusi sepanjang siklus hidup, sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Ini melibatkan pemangku kepentingan yang berbeda, termasuk pelaku bisnis, konsumen, pembuat kebijakan, periset, ilmuwan, pengecer, media, dan pengembangan, antar lainnya. Hal ini juga memerlukan pendekatan dan kerjasama sistemik antara pelaku yang beroperasi dalam rantai pasokan, dari produsen hingga konsumen akhir. Ini melibatkan melibatkan konsumen melalui peningkatan kesadaran dan pendidikan tentang konsumsi dan gaya hidup berkelanjutan, memberikan konsumen informasi yang memadai melalui standar dan label dan terlibat dalam pengadaan publik yang berkelanjutan, antara lain.
Jika kita tidak bertindak untuk mengubah pola konsumsi dan produksi, kita akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapar diperbaiki kembali ke lingkungan kita. Hal ini demi kepentingan bisnis dan untuk menemukan solusi baru itu memungkinkan konsumsi berkelanjutan dan pola produksi. Pemahaman yang lebih baik terkait dengan lingkungan dan dampak sosial dari produk dan layanannya adalah keduanya produk siklus hidup dan dipengaruhi oleh penggunaan di dalam gaya hidup. Bisnis dapat juga menggunakan kekuatan inovasi untuk merancang solusi yang dapat mengaktifkan dan mengilhami individu untuk membuat gaya hidup yang lebih lestari, mengurangi dampak, dan meningkatkan kesejahteraan.(SPH)