Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Audit Keuangan, pada tanggal 6 Desember 2017 diadakan audit simulation antara Jurusan Akuntansi dan Keuangan Binus dengan Deloitte.

Audit simulation tersebut berbentuk kompetisi internal yang diikuti oleh mahasiswa Binus semester 5 yang sedang mengambil mata kuliah Audit Keuangan II. Peserta cukup antusias mengikuti acara tersebut. Peserta terdiri dari 11 kelompok, 5 kelompok dari kampus Kemanggisan, 5 kelompok dari kampus Alam Sutera dan 1 kelompok dari kampus JWC.
Pada simulasi tersebut, setiap kelompok diwajibkan untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan audit keuangan di tiap-tiap pos. Terdapat 5 pos yang terdiri dari:

Pos 1: Property Plant & Equipment

Pos 2: Account Receivable

Pos 3: Account Payable

Pos 4: Cash

Pos 5: Bank Loan

Bertindak sebagai panitia dalam acara tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Akuntansi dan Keuangan,  sedangkan asistant dosen bertindak sebagai penjaga pos. Asistant dipimpin oleh David Januar yang juga merupakan Deloitte Grand Ambassador 2017. Bertindak sebagai juri dalam acara tersebut adalah partner dari Deloitte dan dosen dari Jurusan Akuntansi dan Keuangan Binus. Dua orang partner dari Deloitte, yaitu Ibu Linda Wahyuni Wijaya dan Ibu Lolita Siregar, dibantu oleh coach dari Deloitte yaitu: Bp Deni dan Bp Kevin. Sementara juri dari dosen Jurusan Akuntansi dan Keuangan adalah Bp Bambang Leo Handoko dan Bp Murtedjo.

Di akhir acara, diumumkan dua pemenang, yaitu dua best team yang memperoleh nilai tertinggi. Yang memperoleh penghargaan best team adalah: team Ivan Reynaldo dan team Wilson Pribadi kedua kelompok merupakan mahasiswa Binus Alam Sutera.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Deloitte Indonesia, KAP Satrio Bing Eny dan rekan atas kerjasamanya dalam acara ini. Mahasiswa mendapat pengalaman melakukan proses audit laporan keuangan dan inquiry dengan klien. Diharapkan acara audit simulation ini dapat berlangsung secara rutin setiap tahunnya, karena manfaatnya yang sungguh besar bagi mahasiswa.

-BLH