People Innovation Excellence

Sekilas tentang Real Estate dan Investasi

Oleh Kartika Dewi(D4402)

Kata real dalam kata real estate berasal dari kata realty, dimana berarti tanah dan semua hal yang menempel,melekat secara permanen(dalam hal ini gedung dan penambahannya). Semua hal yang tidak dianggap realty disebut personalty. Personalty meliputi semua yang intangible dan movable seperti saham perusahaan, tabungan dibank, patent,mobil,jam tangan bermerk dan lukisan mahakarya. Kata estate berarti realty dan personalty.

Financing(pembiayaan) menjadi sangat penting dalam hal investasi di real estate. Kebanyakan para pembeli real estate membutuhkan pendanaan dari bank di Indonesia dimana istilah dari pendanaan ini sering disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah) , untuk memperoleh pendanaan tersebut, pembeli harus menjaminkan surat-surat kepemilikan yang lain atau pun uang muka yang cukup besar dan sudah memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Pembeli harus memahami ada sejumlah angsuran yang harus dicicil ke bank tiap bulan. Bila terjadi kegagalan membayar angsuran tersebut maka property bisa berpindah tangan/disita. Bank pada saat memberi pinjaman harus menyadari ada kemungkinan gagal bayar,atau pembeli mengalami bangkrut.

Pembiayaan dari pembelian real estate menyangkut pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Jumlah pinjamannya pun cukup signifikan,cukup besar karena harga real estate cukup mahal. Seseorang yang memiliki KPR,harus mengetahui bagaimana cara menghitung cicilan tiap bulan, berapa principal yang dibayar dan berapa interest yang dibayar. Perhitungan cicilan ini menggunakan “time value of money”. Time Value of Money dipelajari diperkuliahan Corporate Financial Management dan banyak digunakan dikehidupan sehari-hari.

KDW


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close