People Innovation Excellence

Management Resiko Investasi di Real Estate

Oleh Kartika Dewi (D4402)

Berinvestasi di real estate memiliki sejumlah resiko yang sama beratnya dengan investasi di saham ataupun bond. Berikut adalah ulasan singkat mengenai resiko berinvestasi di real estate:

  1. Business Risk : Perekonomian suatu negara mempengaruhi kemampuan property menghasilkan income, misalnya dimasa krisis ekonomi, biaya sewa property menjadi stagnan atau malah turun.
  2. Financial Risk : Financial Risk berhubungan dengan business risk, karena memburuknya perekonomian suatu negara membuat masyarakat tidak terlalu memiliki uang sehingga meningkatkan gagal bayar atas cicilan properti.
  3. Liquidity Risk : Resiko ini terjadi ketika buyer dan seller property tidak bertemu, diperlukan beberapa bulan bahkan beberapa tahun sampai sebuah propertyi terjual,pada saat belum terjual,terkandung high liquidity risk.
  4. Inflation Risk : Inflasi yang tinggi akan mengurangi rate of return investor. Bila hasil income dari properti tidak cukup tinggi untuk mengcover income yang didapat maka akan menurunkan real value dari investasi property tersebut.
  5. Management Risk : Diperlukan dana untuk memelihara sebuah properti misalnya management fee untuk mall digunakan untuk renovasi dan inovasi dari mall tersebut, marketing mall tersebut supaya pengunjung selalu datang ke mall.
  6. Interest Rate Risk: Perubahan interest rate disuatu negara akan merubah harga properti.
  7. Legislative Risk : Peraturan pajak akan merubah ketentuan tentang property sehingga bisa meningkatkan atau menurunkan nilai dari investasi properti.
  8. Environmental Risk : Nilai dari investasi properti juga dipengaruhi oleh biaya lingkungan misalnya asbes dinilai bahan berbahaya bila digunakan sebagai atap rumah atau kawasan perumahan terkena limbah racun sehingga menurunkan harga rumah didaerah tersebut.

Akhir kata, analis harus menghitung expected return dari property tersebut dan dibandingkan dengan investasi lain misalnya dipasar modal.

KDW


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close