People Innovation Excellence

Apa itu Finance?

Oleh Kartika Dewi (D4402)

Finance mempunyai arti kata yang luas, tetapi pada dasarnya adalah bagaimana mengalokasi dana. Alokasi dana antara pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana.

Finance mempunyai kemiripan dengan Ekonomi. Dalam ekonomi kita mempelajari mengalokasi sumber daya yang terbatas sedangkan finance kita mempelajari bagaimana sumber daya yang terbatas itu dialokasikan. Kita bisa menganggap Finance sebagai ilmu terapan ekonomi. Contoh dari keputusan ekonomi yang diambil dalam ilmu finance adalah bagaimana mengkonversi sumber dana yang didapat dalam bentuk inventory, pembelian mesin produksi yang baru, menginvestasikan surplus dana ke short-term investment dsb.

Finance manager selalu membuat keputusan ekonomi. Bagaimana cara membuat keputusan ekonomi tersebut? Tentunya dengan melihat Financial Statement. Financial Statements ini merupakan produk dari ilmu Akuntansi. Ilmu Akuntansi adalah membuat Financial Statement dari kejadian masa lampau, tugas Finance manager membuat prediksi, forecast masa depan dari hasil dimasa lampau. Finance adalah melihat kedepan melalui prediksi,analisa masa depan berdasarkan asumsi yang didapat dimasa lalu(historical events). Sehingga finance manager yang baik harus bisa memahami ilmu akuntansi dengan baik.

Binus University at Alam Sutra memiliki program studi Finance dimana lulusannya bergelar Sarjana Ekonomi Akuntansi, diharapkan lulusannya memahami ilmu akuntansi dengan baik.

KDW


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close