People Innovation Excellence

Siklus Akuntansi Organisasi Nirlaba (5/5)

Neraca saldo adalah daftar semua akun berikut dengan saldonya. Neraca saldo perlu disusun dengan tujuan untuk melakukan pengecekan umum apakah proses pencatatan dan posting yang dilakukan telah akurat.

Neraca Saldo

Setelah semua transaksi pada suatu periode misalnya bulanan telah diposting ke buku besar, saldo setiap akun bisa diketahui besarnya. Ada akun yang memiliki saldo debit, ada pula yang memiliki saldo kredit atau bahkan ada pula saldonya hanya nol. Neraca saldo adalah daftar semua akun berikut dengan saldonya. Neraca saldo perlu disusun dengan tujuan untuk melakukan pengecekan umum apakah proses pencatatan dan posting yang dilakukan telah akurat. Jumlah total untuk sisi debit dan sisi kredit haruslah sama. Apabila tidak, berarti telah terjadi kesalahan pada proses pencatatannya. Bisa saja terjadi salah tulis angka, atau salah dalam melakukan perhitungan saldo.

Neraca saldo adalah daftar semua akun berikut dengan saldonya. Neraca saldo perlu disusun dengan tujuan untuk melakukan pengecekan umum apakah proses pencatatan dan posting yang dilakukan telah akurat.

Berikut ini adalah contoh organisasi XYZ per tanggal 1 Februari 2006, selengkapnya dapat diunduh pada halaman download topik Akuntansi di sini.

Source : http://keuanganlsm.com/siklus-akuntansi-organisasi-nirlaba-55/

msd


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close