People Innovation Excellence

Macam-Macam Buku Besar Akuntansi dan Contohnya

Buku Besar Akuntansi – Pengertian buku besar akuntansi adalah  buku akuntansi yang memfasilitasi transfer semua entri jurnal dalam urutan kronologis ke rekening masing-masing.

Pada intinya kegiatan dalam akuntansi adalah melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan. Pelaporan dan pencatatan ini bisa dimanfaatkan secara sendiri dalam skala kecil atau untuk skala besar seperti perusahaan.

Salah satu bagian penting dalam pencatatan dan pelaporan ini adalah buku besar. Apa itu buku besar? Tentu saja bukan buku yang bentuknya besar. Ini adalah istilah untuk buku dari entri final dalam akuntansi atau sering disebut juga sebagai ledger.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat bersama penjelasan mengenai buku besar akuntansi mulai dari pengertian, macam-macamnya hingga cara membuat sebuah buku besar. Selamat membaca.

Buku Besar Akuntansi

Pengertian Buku Besar Akuntansi

Seperti yang dikutip melalui leoisaac.com, buku besar akuntansi atau ledger adalah buku akuntansi yang memfasilitasi transfer semua entri jurnal dalam urutan kronologis ke rekening masing-masing. Selain transaksi pad rekening yang digunakan buku besar juga memuat debit dan kredit di bawah setiap akun juga saldo yang dihasilkan.

Buku besar ini didapatkan setelah proses posting melalui jurnal akuntansi. Nah proses posting ini merupakan proses ketiga dalam siklus akuntansi. Jika transaksi yang dilakukan sangat banyak, perusahaan dapat membagi buku besar menjadi beberapa macam.

Macam-Macam Buku Besar Akuntansi

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari jurnal, buku besar akuntansi bisa dibedakan menjadi tiga macam. Diantaranya adalah buku besar umum, buku besar debitor, dan buku besar kreditor.

Buku Besar Umum (General Ledger)

Buku besar ini mengumpulkan informasi dari berbagai jurnal. Setiap bulan semua jurnal yang dihitung dan diposting ke General Ledger ini. Oleh karena itu tujuan dari General Ledger adalah untuk mengatur dan meringkas transaksi individu yang tercantum dalam semua jurnal.

source : http://rocketmanajemen.com/buku-besar-akuntansi/

msd


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close