People Innovation Excellence

Hubungan Antar Jenis Laporan Keuangan

Laporan laba/rugi, laporan perubahan modul, dan neraca mencerminkan hubungan artikulatif. Laba/rugi yang tersaji di laporan laba/rugi menjadi bagian di laporan perubahan ekuitas.

  1. Elemen-elemen asset, utang, dan ekuitas disajikan di neraca
  2. Elemen-elemen pendapatan dan biaya disajikan dilaporan laba/rugi
  3. Elemen pengembalian ekuitas dan ekuitas disajikan di laporan perubahan ekuitas
  4. Salah satu elemen asset, yaitu kas, disajikan dilaporan arus kas

Penyajian Elemen-elemen Laporan Keuangan

9-19-2014 3-09-13 PM

Hubungan akun dan Laporan Keuangan

Mencermati contoh-contoh laporan keuangan yang dimuka, kita sepakat bahwa penamaan akun adalah hal penting dan krusial di akuntansi karena nama-nama akun tersebut secara eksplisit tercantumdi laporan keuangan. Oleh karena itu, adalah sangat penting untuk membiasakan untuk menggunakan nama-nama akun yang sesuai dengan terminology di akuntansi.

Berbeda dengan topik-topik lain, pengetahuan tentang akun menuntut kita untuk bersedia menerima terminologi-terminologi baru yang berlaku di akuntansi walaupun mungkin masih cukup asing dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu argument yang mendukung untuk menjadikan kita mau menerima terminologi nama-nama akun adalah bahwa semua ilmu pengetahuan, seperti misalnya pengetahuan kedokteran, fisika, psikologi, dan bahkan manajemen juga memiliki terminologi khusus yang seharusnya dipahami oleh individu yang menekuni pengetahuan tersebut.

Disarikan dari buku: Akuntansi itu Ternyata Logis dan Mudah, Penulis: Dr. Sony Warsosno, MAFIS, Akuntan, Arif Darmawan, SE, M. Arsyadi Ridha, SE, Hal: 67-69.

Source : http://keuanganlsm.com/hubungan-antar-jenis-laporan-keuangan/

msd


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close