People Innovation Excellence

HAKIKAT PENELITIAN

HAKIKAT PENELITIAN

            Pada saat kita mendengar kata penelitian atau research yang terlintas pertama kali adalah  penelitian dalam laboraturium, rumus-rumus matematika dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menjadi pelaku penelitian.

            Sebagai contoh petani melakukan penyelidikan terus menerus apa yang menyebabkan padi gagal panen dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah hama tanaman lalu petani mencari cara untuk melindungi tanaman dari serangan hama. kegiatan tersebut merupakan penelitian. Mahasiswa menyelidiki terus menerus organisme apa yang menyebabkan gejala pisang layu dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah jamur. Mahasiswa mencari cara untuk melindungi tanaman dari serangan jamur. kegiatan tersebut merupakan research/penelitian. Kakek menyelidiki terus menerus kenapa pertumbuhan tanaman jagung diladang lebih buruk dibanding pertumbuhan tanaman jagung tetangga dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah kurang pengolahan tanah, jarak tanam terlalu rapat, kurang pemupukan, kurang penyiraman dan lain sebagainya, kegiatan tersebut merupakan reseach/penelitian.

            Remaja putri menyelidiki terus menerus apa yang menyebabkan tumbuh jerawat pada wajah dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah pola hidup yang kurang sehat. Remaja putri memperbaiki dengan pola hidup yang lebih sehat merupakan kegiatan research. Ayah menyelidiki terus menerus kenapa terjadi perut buncit dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah kurang olahraga, lalu ayah memperbaiki dengan rajin olahraga. kegiatan tersebut merupakan reseach/penelitian. Adik menyelidiki terus menerus kenapa sakit gigi dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah kurang sikat gigi secara teratur, lalu adik memperbaiki dengan rajin menyikat gigi secara teratur, kegiatan tersebut merupakan reseach/penelitian.

            Seorang profesor universitas melakukan penyelidikan terus menerus faktor-faktor yang menyebabkan absensi karyawan tinggi, setelah mengumpulkan informasi tentang topik ini dari beberapa institusi dan menganalisis data, profesor menemukan faktor seperti jam kerja yang tidak fleksibel, pelatihan karyawan yang tidak memadai, dan moral yang rendah sebagai hal-hal yang memengaruhi absensi.

            Begitupun pada sebuah perusahaan, manajer marketing dan sales menyelidiki mengapa penjualan menurun dan menemukan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah kualitas produk yang buruk, lalu manajer marketing dan sales menyampaikan ke bagian produksi untuk meningkatkan/memperbaiki kualitas produksi.

            Hal yang demikian menurut uma sekaran (2014) disebut penelitian yaitu sebagai suatu proses mencari solusi suatu masalah yang dilakukan melalui studi (dengan mempelajari) dan analisis faktor faktor situasional (fenomena dan teori yang terkait dengan fenomena). Hal senada di kemukakan oleh Cooper & Emory (2003) yaitu suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan  informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah. Hal senada dikemukakan oleh Donald Ary. Penelitian merupakan penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

             Berikutnya John mengemukakan bahwa Penelitian ialah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan hukum tertentu. Selanjutnya Woody mengungkapkan bahwa penelitian adalah suatu metode untuk menemukan sebuah pemikiran yang kritis. Penelitian ini meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, membuat formulasi hipotesis atau mengadakan uji coba yang sangat hati-hati atas segala kesimpulan yang diambil dalam menentukan apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis. Parson. Mengungkapkan bahwa penelitian ialah suatu pencarian atas segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencariannya dilakukan pada masalah-masalah yang dapat dipecahkan dengan penelitian.

            Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa research/penelitian adalah penyelidikan secara terus menerus untuk menemukan solusi/pemecahan masalah/jawaban dengan metode yang sistematis, berdasarkan data, kritis, objektif dan ilmiah terhadap suatu masalah spesifik. Jadi dapat disimpulkan inti dari research sebagai berikut : Research itu,dari kata re dan search..search mencari search dan re kembali..research itu mencari kembali, mencari yg sudah pernah dicari sebelumnya oleh kita atau orang lain, jadi research pada dasarnya replicabilitiy,,yg baru penelitian hasil prngulangan jadi teori..semua melihat tidak sekejap.

Menurut Paul Leedy dalam practical research, ada 8 karakteristik riset :

  1. Riset berasal dari satu pertanyaan atau masalah
  2. Riset membutuhkan tujuan yang jelas
  3. Riset membutuhkan rencanan spesifik
  4. Riset biasanya membagi masalah prinsip menjadi beberapa sub masalah.

KRITERIA MENILAI KUALITAS PENELITIAN YANG BAIK (Uma Sekaran, 2014)

  1. Memiliki tujuan yang jelas, berdasarkan pada permasalahan tepat.
  2. Menggunakan landasan teori yang tepat dan metode penelitian yang cermat dan teliti
  3. Mengembangkan hipotesis yang dapat diuji.
  4. Dapat didukung (diulang dengan menggunakan riset-riset yang lain, sehingga dapat diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya.
  5. Memiliki tingkat ketepatan dan kepercayaan yang tinggi
  6. Bersifat obyektif, artinya kesimpulan yang ditarik harus benar-benar berdasarkan data yang diperoleh dilapangan
  7. Dapat digeneralisasikan, artinya hasil penelitian dapat diterapkan pada lingkup yang lebih luas. seorang manajer yang menghadapi absensi karyawan dalam organisasinya dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan jika faktor-faktor tersebut relevan dengan kondisi kerja di perusahaannya.

MY


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close