Public Lecture: Effective Management Accounting: Improving Decisions and Building Successful Organizations

 

Pada tanggal 18 Mei 2017, Jurusan Akuntansi dan Keuangan Universitas Bina Nusantara mengadakan public lecture yang merupakan bagian dari rangkaian acara Binus Festival. Acara ini diselenggarakan bersama dengan CIMA Indonesia. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa di bidang akuntansi managerial dan memperkenalkan jenjang karir yang bisa ditempuh oleh seorang akuntan manajemen. Acara ini diadakan di dua kampus, yaitu di Kampus Alam Sutera dan di Kampus Syahdan.

Public lecture di Kampus Alam Sutera dimulai pada pukul 09.20 di Ruang Auditorium dengan tiga pembicara, yaitu: Bapak Setiadi Sutanto, ACMA, CGMA (Country Finance Controller, Reckitt Benckiser Indonesia), Bapak Edward Tanujaya (Director of Marketing and Communication, Ikatan Akuntan Indonesia), dan Bapak Giri Suhardi, MBA (Country Manager, CIMA Indonesia). Materi yang dibawakan oleh Bapak Setiadi Sutanto, ACMA, CGMA adalah pengenalan mengenai akuntan manajemen, lingkup pekerjaan seorang akuntan manajemen, kesempatan berkarir seorang akuntan manajemen, dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh seorang akuntan manajemen. Bapak Edward Tanujaya membawakan materi yang lebih umum dari pembicara sebelumnya yaitu mengenai profesi akuntan, kebutuhan akuntan di Indonesia, dan bagaimana seorang akuntan Indonesia dapat bersaing dengan akuntan dari luar di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Pembicara terakhir yaitu Bapak Giri Suhardi, MBA membahas mengenai bagaimana peran CIMA Indonesia dalam mendukung karir seorang akuntan manajemen.

Public lecture di Kampus Syahdan dimulai pada pukul 13.20 di Ruang M2CD dengan tiga pembicara juga, yaitu: Bapak Lalith de Silva, FCMA, CGMA (Regional CFO, Platinum Sinema), Bapak Dedi Irawan (Manager of Marketing and Communication, Ikatan Akuntan Indonesia), dan Bapak Giri Suhardi, MBA (Country Manager, CIMA Indonesia). Materi yang dibawakan oleh Bapak Lalith de Silva, FCMA, CGMA adalah perkenalan mengenai akuntan manajemen, CIMA dan bagaimana CIMA dapat mendukung karir seorang akuntan. Bapak Dedi Irawan membawakan materi yang sama dengan Bapak Edward Tanujaya yaitu mengenai profesi akuntan, kebutuhan akuntan di Indonesia, dan bagaimana seorang akuntan Indonesia dapat bersaing dengan akuntan dari luar di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Pembicara terakhir yaitu Bapak Giri Suhardi, MBA. Materi yang beliau sampaikan sama dengan materi di Kampus Alam Sutera yang diadakan pagi hari, yaitu membahas mengenai bagaimana peran CIMA Indonesia dalam mendukung karir seorang akuntan manajemen.

Acara ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam memberikan gambaran mengenai karir mereka setelah lulus kuliah. Diharapkan acara seperti ini dapat diselenggarakan lagi di kesempatan-kesempatan berikutnya.

SS