People Innovation Excellence

Material Flow Cost Accounting – Session 3

Di dalam perusahaan, tentu saja ada banyak divisi, yaitu divisi procurement, marketing, finance and accounting, HRD, produkisi, dan lainnya. Pada divisi produksi, hal yang disoroti adalah masalah target produksi yang harus terpenuhi. Tentu saja target yang harus dipenuhi adalah dalam bentuk kuantitas. Pada material flow cost accounting, kuantitas tersebut menjadi perhatian di dalam basis perhitungan akuntansi ini, sehingga, hanya basis kuantitaslah yang benar-benar dilihat, bukan basis dari biaya. Misalnya saja, perusahaan teh menggunakan input sebanyak 100kg pucuk daun teh untuk dikeringkan, diolah, dan kemudian dikemas dalam packaging masing-masing. Namun, setelah dikeringkan, daun teh menjadi rapuh, sehingga banyak teh yang menjadi bagian daun kecil. Dari 100kg teh, yang menjadi daun teh seduh sebanyak 85kg, 10kg merupakan potongan-potongan daun kecil yang hampir menjadi serbuk, dan 5kg merupakan penguapan air dari proses pengeringan daun. Potongan-potongan yang hampir menjadi sebuk ini dapat digunakan untuk memproduksi teh celup. Namun, jika memang lebih menguntungkan teh yang dijual secara daun daripada serbuk, maka perusahaan perlu mengambil keputusan terhadap proses pengeringan yang dilakukan oleh perusahaan agar daun teh yang dijual dapat lebih banyak dan biaya lebih sedikit.

 

SPH


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close