People Innovation Excellence

HIMA Excursion to Singapore – Moment for Modern Economic

IMG-20161002-WA0000

Untuk meningkatkan wawasan dan partisipasi dalam rangka MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), kami mengadakan short course ke Singapura. Program ini diikuti 32 mahasiswa dan 2 dosen pendamping yaitu Ibu Kartika Dewi dan Ibu Lusianah. Berikut adalah ringkasan perjalanan kami.

Padatanggal 5 – 9 September 2016 Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) melaksanakan kegiatan ekskursike Negara Singapura. Kegiatan selama 5 hari ini mengangkat tema “moment for modern economic”. Dimana kami berharap memperoleh gambaran tentang bagaimana perekonomian modern, serta jalur – jalur komptensi yang dapat diperolehs etelah lulus dari program S1. Selama di Singapura, HIMA berkesempatan mengunjungi beberapa perusahaan dan Universitas yang berada disana.

Hari Pertama

Kami berangkat pada tanggal 9 – September – 2016 pada pukul 11.00 WIB. Setibanya di Singapura, kami diajak berkeliling dan mengunjungi berbagai landmark yang terdapat di Singapura seperti Merlion dan Garden by the Bay.

Hari Kedua

Pada hari kedua, kami berkesempatan mengunjungi salah satu perusahaan tekhnologi terkemuka di dunia, yaitu Microsoft. Pegawai Microsoft menggunakan tekhnologi yang sangat modern dalam menjalankan aktvitas mereka. Di Microsoft kami belajar bagaimana tekhnologi dapat membantu meningkatkan produktivitas kita. Salah satunya adalah berbagai fitur yang ditawarkan pada program Office 365. Dimana, kita bisa membuat CV, presentasi, dengan sangat mudah dan interaktif.

IMG-20161002-WA0003

Kunjungan kedua pada hari pertama adalah ICAEW. ICAEW merupakan sebuah organisasi yang menawarkan sertifikasi internasional pada bidang profesi Akuntansi. Disana kami belajar pentingnya dari sertifikasi pada bidang akuntansi. Dan salah satu manfaat dari sertifikasi berstandar internasional adalah, kita bisa bekerja di berbagai Negara di dunia.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga kami mengunjungi salah satu universitas ternama di Singapura, yaitu SP Jain School of Global Management. SP Jain School of Global Management memiliki empat kampus yang berada di empat Negara yang berbeda, Singapura, Dubai, Australia, dan India. Sesuai dengann namanya, SP Jain menawarkan pendidikan S1 dan S2 yang berorientasi global. Setiap mahasiswa akan ditempatkan di tiga kampus dan di tiga negara yang berbeda.

IMG-20161002-WA0004

Setelah selesai dari SP Jain School of Global Management, kami mengunjungi Perusahaan Six Capital. Six Capital merupakan perusahaan investasi. Yang menjadi focus utama Six Capital Singapura adalah perdangangan valuta asing, terutama Poundsterling dan USD. Disana kami dikenalkan software dari Six Capital yaitu Vision Alpha, dimana pengguna program Vision Alpha dapat belajar mengenai pasar valuta asing, dan mencoba memprediksi pergerakan dari pasar valuta asing.

Hari Keempat

Hari keempat menjadi hari bersenang – senang bagi kami. Bila sebelumnya kami mengunjungi Perusahaan dan Universitas, pada hari keempat kami mengunjungi Universal Studio Singapore dan menikmati atraksi Wings of Time.

Hari Kelima

Kami dijadwalkan pulang pada tanggal 9–September–2016, pukul 17.00 waktu Singapura. Namun sebelum kami kembali ke Jakarta, kami mengunjungi ACCA. ACCA merupakan salah satu organisasi yang menyediakan sertifikasi akuntansi berstandar internasional pada bidang profesi Akuntansi. Disini kami kembali belajar seberapa pentingnya sertifikasi berstandar internasional di bidang profesi Akuntansi. Selain menyediakan sertifikasi standar internasional, ACCA juga menyediakan wadah bagi orang–orang yang bekerja pada industry Akuntansi, untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi.

Melalui kegiatan ekskursi ini, peserta dapat mengetahui jalur–jalur peningkatan kompetensi yang dapat diikuti setelah mendapatkan gelar sarjana. Kita bisa meneruskan pembelajaran kita dengan mengambil program S2 atau menajamkan kompetensi di bidang akuntansi melalui organisasi yang menawarkan sertifikasi berstandar internasional. Melalui kegiatan ini, peserta juga memperoleh gambaran atas ekonomi modern. Dimana tekhnologi memegang peranan dalam perkembangan ekonomi internasional, dan akuntansi.

IMG-20161002-WA0002

BINUS University | People. Innovation. Excellence.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close