People Innovation Excellence

Pengertian Akuntansi Menurut Berbagai Sudut Pandang

Pengertian Akuntansi Menurut Berbagai Sudut Pandang

Pengertian dan Definisi Akuntansi

Pengertian Akuntansi Akuntansi merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan atau bisa dikatakan mutlak dibutuhkan dalam dunia bisnisserta dinamika roda organisasi suatu perusahaan.

Karena peranan akuntansi yang sangat siginifikan guna memberikan informasi solid dan akurat yang digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan ataupun kebijakan suatu perusahaan.

Berbagai macam kepentingan, fungsi keputusan, serta pemakaian informasi keuangan / financial report dalam suatu perusahaan membuat ilmu akuntansi terus berkembang atau bersifat dinamis.

Dalam perkembangannya akuntansi tidak hanya membuat laporan / report keuangan semata tapi berkembang dalam bentuk penanggung-jawaban suatumanajemen, tetapi juga menjadi bagian/instrumen penting dalam pengambilan keputusan, prediksi laba-rugi. Lebih jelasnya berikut ini pengertian akuntansi menurut berbagai sumber :

Pengertian Akuntansi Menurut Wikipedia

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.

Jadi intinya akuntansi adalah tool/alat yang digunakan perusahaan untuk melakukan pengukuran, penjabaran serta pemberian kepastian informasi yang akan digunakan/membantu manajer, otoritas pajak, investor atau pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan. Akuntansi juga bisa dikatakan sebuah “seni” dalam mengukur.

Pengertian Sederhana Akuntansi

Akuntansi adalah alat bantu yang digunakan untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ekonomi ataupun bidang keuangan lainnya.

Pengertian Akuntansi dari Sudut Pandang Pemakai

Akuntansi adalah sebuah disiplin ilmu yang digunakan untuk menyajikan sebuah informasi yang berkaitan dengan kegiatan/aktivitas ekonomi secara tepat dan efisien. Informasi-informasi yang dihasilkan pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Pembuatan sebuah pengawasan, perencanaan yang efektif dalam pengambilan sebuah kebijakan ekonomi oleh pihak manajemen.
  2. Pertanggung-jawaban bagian manajemen kepada pihak-pihak terkait seperti pemilik/founder perusahaan, investor, kreditor, ataupun pemerintahan (pihak pajak) dan pihak-pihak yang membutuhkan.

Dari pengertian akuntansi keuangan diatas kita bisa menarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Akuntansi keuangan diterapkan didalam sebuah entitas (perusahaan/organisasi).
  2. Informasi yang dihasilkan berupa informasi (keuangan/manajemen/hal-hal yang berkaitan) tentang entitas perusahaan/organisasi tersebut.
  3. Informasi akuntansi digunakan dalam pengambilan kebijakan entitas baik internal (manajemen/direksi) maupun eksternal (investor, kreditor, dll).

Pengertian Akuntansi Menurut Sudut Proses Kegiatan

Akuntansi adalah proses pencatatan, pembukuan, penggolongan serta pelaporan yang dianalisis data/informasinya (keuangan) dalam suatu entitas baik perusahaan ataupun organisasi.

Dari definis tersebut kita bisa lihat bahwa akuntansi memiliki tugas yang ribet/kompleks karena meliputi segalam macam aktivitas. Pada dasarnya tugas akuntansi adalah :

  1. Pengidetinfikasian informasi dalam bentuk data yang memiliki fungsi/berperan dalam pengambil keputusan.
  2. Memproses serta menganalisa data yang relevan.
  3. Mengolah data menjadi informasi yang handal.

Pengertian Akuntansi Menrurut American Aaccounting Association (AAA)

Akuntansi adalah suatu proses untuk mengidentifikasi ataupun mengukur kemudian melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan terjadinya penilaian ataupun keputusan yang jelas dan tegas untuk pihak yang membutuhkan serta menggunakan informasi ekonomi tersebut.

Jika dilihat dari definisi tersebut, akuntansi keuangan mempunyai beberapa pengertian seperti :

  1. Akuntansi adalah sebuah proses yang terdiri dari proses idetinfikasi, pengukuran, serta pelaporan informasi ekonomi / financial report(kegiatan ekonomi)
  2. Informasi yang dihasilkan diharapkan bermanfaat untuk pengambilan keputusan dalam sebuah entitas perusahaan/organisasi.

Tujuan utama akuntansi adalah memberikan informasi berupa data yang akurat (ekonomi) yang digunakan sebagai dasar pengambilan serta penentuan arah kebijakan suatu entitas perusahaan/organisasi.

Demikian artikel mengenai definisi akuntansi dari segala sudut pandang. Semoga artikel ini cukup memberikan informasi yang jelas kepada Anda.

Sumber :http://rocketmanajemen.com/pengertian-akuntansi/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close