People Innovation Excellence

Pengertian Akuntansi Keuangan beserta Fungsi dan Standarisasi nya

Akuntansi Keuangan – Seperti yang disebut dalam artikel pengantar akuntansi 1: sejarah, definisi dan pembagian akuntansi, akuntansi merupakan pencatatan transaksi yang tentu kaitannya sangat erat dengan uang.

Selain itu dalam artikel persamaan akuntansi kita bisa lihat keuangan kita atau perusahaan dapat dilihat dari bagaimana persamaan itu terpenuhi, dan masih banyak kaitan lainnya.

Dalam artikel akuntansi ini akan dibahas mengenai pengertian akuntansi keuangan , fungsi dan standarisainya. Setiap materi ini akan berhubungan dengan materi dalam artikel akuntansi lainnya jadi jangan sampai ketinggalan ya.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan dapat diartikan sebagai bidang dari akuntansi yang berfokus pada keuangan seperti laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan banyak dimanfaatkan untuk berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda-beda. Nah Akuntansi keuangan mencakup itu semua.

Akuntansi Keuangan akan memudahkan kita untuk mengurus laporan keuangan mulai dari tahap awal seperti pencatatan transaksi, aset, hutang, debit, kredit dan lainnya hingga ketahap analisa dalam bentuk laporan.

Menurut Para Ahli

Pengertian diatas merupakan definis bebas dari akuntansi keuangan. Bagaimana pendapat para ahli mengenai akuntansi keuangan? berikut ini sudah ada beberapa pendapat dari ahlinya tentang apa itu akuntansi keuangan.

Definisi Akuntansi Keuangan menurut Kieso & Weygant [intermediate Accounting, 2000:6]
Akuntansi Keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunankan oleh pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal perusahaan.

Definisi Akuntansi Keuangan menurut Sugiarto [Pengantar Akuntansi:2002]
Akuntansi Keuangan adalah bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan yang dilakukan secara berkala. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham. Persamaan akuntansi yang digunakan adalah Aset = Ekuitas + Liabilitas yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Fungsi utama dari akuntansi keuangan memberikan informasi terkait keuangan perseorangan, organisasi ataupun perusahaan. Informasi ini dapat digunakan untuk melihat keadaan keuangan dan apa saja yang telah terjadi didalamnya. Selain itu bagi pihak manajemen informasi ini sangat berguna untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Selain fungsi utama diatas ada juga beberapa fungsi dari akuntansi keuangan inii diantaranya adalah
– Mengetahui dan menghitung laba yang diperoleh
– Memberi informasi berguna bagi manajamen
– Dapat menentukan hak dari berbagai pihak yang terlibat biak internal maupun eksternal
– Mengewasi dan mengenadalikan aktvitas dalam perusahaan
– Membantu mencapai target yang telah ditetapkan.

akuntansi keuangan berfungsi sebagai alat analisa keadaan keuangan perusahaan (image: pengetahuansekitarku.blogspot.com)

akuntansi keuangan berfungsi sebagai alat analisa keadaan keuangan perusahaan (image: pengetahuansekitarku.blogspot.com)

Strandarisasi Akuntansi Keuangan

Karena akuntansi keuangan berisi informasi keadaan keuangan sebuah perusahaan maka apa yang disajikan harus jelas, tepat dan benar. Untuk itu perlu dalam pembuatannya, Laporan keuangan harus memenuhi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan atau PSAK.

PSAK ini berisi tentang petunjuk dan prosedur akuntansi yang mencakup peraturan terkait standar pencatan, penyusunan dan penyajian laporan keuangan. Semua aturan ini mengacu pada teori-teori penafsiran dan penalaran mendalam yang dilakukan lkatan Akuntan Indonesia. Sehingga setiap laporan keuangan memilki standar untuk bisa digunakan dan diterima.

Nah itulah tadi beberapa hal mengenai akuntansi keuangan yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan sebuah perusahaan hanya dari laporan keuangan yang dibuat sesuai standar. SemogaPengertian Akuntansi Keuangan ini dapat bermanfaat, terima kasih.

 

sumber :http://rocketmanajemen.com/pengertian-akuntansi-keuangan/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close