People Innovation Excellence

Inilah Pengertian Akuntansi Keuangan Dan Fungsinya Secara Umum

Pengertian akuntansi keuangan dan fungsinya – Saat ini peranan akuntansi sangatlah penting dalam membantu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ekonomi atau keuangan, dan peranan ini semakin disadari oleh banyak perusahaan. Akuntansi berperan dalam membantu tugas manajemen, khususnya saat menjalankan fungsi pengawasan dan perencanaan. Itulah mengapa akuntansi semakin kesini, semkin banyak dipelajari oleh para usahawan. Jika di perhatikan sekarang ini banyak sekali para pelajar khususnya mahasiswa tertarik untuk mempelajari akuntansi, buktinya banyak sekali mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi mungkin alasannya karena kesempatan kerja di bidang ini masih terbuka dan masa depan yang cukup menjanjikan. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelsan tentang akuntansi keuangan, dan artikelnya dapat kamu baca dibawah ini:

A. Beberapa penjelasan akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan adalah suatu bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan bagi pihak luar misalnya seperti pemegang saham, pemasok, kreditor dan lain-lain.

Akuntansi keuangan adalah suatu sistem yang mengatur berbagai macam pencatatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan hingga menyusun laporan keuangan mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan merupakan bagian akuntansi yang menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang dimana laporan ini ditujukan bagi pihak-pihak luar seperti pemegang saham, pajak dan lain-lain.

Akuntansi keuangan yaitu salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan transaksi-transaksi keuangan khususnya yang berhubungan dengan perubahan aset, ekuilitas maupun kewajiban perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan tetang akuntansi keuanagan, kamu dapat memilih yang mana saja karena jika diperhatikan semua inti dari penjelasan tersebut semuanya sama.

pengertian akuntansi keunagan

Apakah itu akuntansi keuangan?

Dan sesuai dengan beberapa penjelasan diatas maka dapat disimpulkan, akuntansi merupakan kegiatan yang meliputi proses pencatatan hingga penganalisaan data-data keuangan perusahaan dan produk yang dihasilkan dari kegiatan tersebut berupa laporan keuangan. Laporan keuangan ini terdiri dari pelaporan keuangan yang digunakan untuk kepentingan pihak internal perusahaan maupun untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan.

Artikel lainnya: Pengertian akuntansi dan menurut para ahli lengkap.

B. Inilah fungsi utama akuntansi keuangan.

Salah satu fungsi utama akuntansi keuangan yaitu untuk memberikan informasi mengenai keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Dengan laporan yang dibuat, sehingga dapat melihat keadaan keuangan suatu perusahaan dan perubahan apa saja yang telah terjadi di dalamnya. Informasi mengenai keuangan perusahaan sangat dibutuhkan oleh manajemen karena dapat membantu untuk membuat atau mengambil keputusan, yang nantinya keputusan tersebut dapat mempengaruhi keadaan perusahaan.

C. Beberapa fungsi akuntansi secara umum.

Adapun beberapa fungsi akuntansi secara umum, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk mengetahui dan menghitung laba maupun rugi yang telah didapat oleh perusahaan.
  • Untuk memberikan informasi yang dapat berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Dapat membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal ataupun eksternal.
  • Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam aktivitas yang terjadi pada perusahaan.
  • Dan untuk membantu perusahaan dalam mencapai targetnya yang senelumnya telah ditentukan.

Artikel lainnya: Pengertian akuntansi manajemen dan menurut para ahli lengkap.

D. Jenis-jenis laporan keuanagan.

Salah satu hasil dari kegiatan akuntansi yaitu berupa laporan keunagan. Lalu laporan ini nantinya dapat digunakan untuk kepentingan pihak eksternal dan pihak internal perusahaan. Dan jenis-jenis laporan keuangan yang dihasilkan dari kegiatan akuntansi diantaranya sebagai berikut ini:

  • Yang pertama, Laporan arus kas merupakan jenis laporan yang dapat memberikan informasi mengenai penerimaan maupun pembayaran kas suatu perusahaan selama periode tertentu.
  • Yang kedua, Laporan laba-rugi merupakan salah satu laporan yang dihasilakan dari kegiatan akuntansi, yang dimana laporan ini dapat memberikan informasi menganai hasil (laba-rugi) kegiatan suatu perusahaan selama periode tertentu.
  • Yang ketiga, Laporan neraca merupakan jenis laporan keuangan yang dapat memberikan informasi yang ada hubungannya dengan aset, ekuitas maupun kewajiban suatu perusahaan.
  • Yang keemapat, Laporan ekuitas merupakan jenis laporan keuangan yang memberikan informasi yang berkaitan dengan ekuitas pemilik ataupun modal selama periode tertentu pada suatu perusahaan.
  • Dan yang terakhir, Catatan laporan keuangan merupakan suatu informasi yang bersifat fisik keuangan ataupun non-keuangan. Laporan ini tujuannya untuk memberikan informasi mengenai kebijakan akuntansi yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Mungkin hanya itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai pengertian akuntansi keuangan, jika kamu menemukan beberapa kesalahan ataupun kekurangan dalam artikel ini mohon di maafkan dan semoga penjelsan ini dapat bermanfaat.

 

sumber : http://www.pengertianku.net/2015/11/pengertian-akuntansi-keuangan-dan-fungsinya.html


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close