People Innovation Excellence

Artikel Pengantar Akuntansi Dasar

Artikel Pengantar Akuntansi Dasar

Pengantar Akuntansi Dasar

Akuntan Dasar – Secara sederhana akuntansi ialah ilmu yang mempelajari aktivitas arus keuangan keluar masuk. Dalam arti luas akuntansi alah proses kegiatan (jasa) yang bertugas untuk mengolah data-data keuangan kemudian diolah menjadi sebuah informasi akurat yang berguna untuk pihak-pihak yang membutuhkannya misalkan bagian manajemen untuk dasar pengambilan kebijakan finansial.

Jadi, intinya akuntansi adalah ilmu yang digunakan untuk mengolah data keuangan. Dalam proses pengolahan ini terjadi berbagai macam proses akuntansi seperti pengumpulan data (nota) keuangan keluar-masuk, pengelompokan, sehingga diharapkan menjadi sebuah informasi yang berharga dalam pengambilan keputusan. Lalu siapa saja yang membutuhkan informasidari bagian akuntansi ?

Pihak-pihak yang Butuh Informasi Keuangan Akuntansi

1. Pihak Internal

Yang pertama adalah pihak internal dari instansi/perusahaan itu sendiri. Pihak internal yang dimaksud ialah bagian manajemen perusahaan. Manajemensangat membutuhkan informasi keuangan dari pihak akuntansi untuk mengetahui kesehatan finansial perusahaan sehingga ia dapat menetapkan kebijakan yang tepat untuk kedepannya.

Kedua bisa saja karyawan, hal ini sebagai maksud bahwa informasi keuangan /financial report digunakan sebagai dasar perusahaan untuk memberikan besaran gaji, bonus, fasilitas ataupun yang lainnya. Sehingga karyawan dapat memutuskan untuk tetap bekerja ataupun resign dari perusahaannya.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Adalah Bagian dari Akuntansi yang Sangat Penting (gambar : google)

2. Pihak Eksternal

Selain pihak internal, financial report juga dibutuhkan oleh pihak-pihak luar perusahaan yang terkait. Karena tidak hanya peran internal saja perusahaan bisa bertahan. Berikut ini pihak-pihak eksternal perusahaan yang membutuhkan laporan keuangan :

  1. Pemilik Perusahaan. Biasanya pemilik perusahaan tinggal menerima laporan saja dari pihak internal perusahaan. Hal ini dijadikan dasar sangowner untuk mengetahui kesehatan perusahaannya (keuangan) sebagai dasar penilaian manajemen perusahaan.
  2. Bank/Kreditur. Tidak sedikit perusahaan yang bertahan dengan dana talangan dari bank atau kreditur. Karena itulah, bank / kreditur berhak tau akan kesehatan keuangan perusahaan karena mereka juga memberikan kontribusi kepada perusahaan. Selain itu financial report juga diperlukan bank sebagai dasar untuk menilai tingkat kesanggupan debitur/peminjam dalam mengembalikan utang.
  3. Investor, financial report dijadikan dasar utama seorang investor untuk tetap berinvestasi atau tidak. Jika laporan keuangannya bagus maka perusahaan itu termasuk profitable untuk disuntik dana investasi.
  4. Pemerintah, terakhir adalah pemerintah. Laporan keuangan ini diperlukan pemerintah untuk menentukan seberapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan, serta kemampuan perusahaan untuk menggaji karyawannya minimal sebesar UMR yang telah ditetapkan serta memberikan hak-hak dan fasilitas-fasilitas untuk karyawan yang telah diatur dalam undang-undang.
  5. Pihak-pihak Lain yang Membutuhkan

Pihak-pihak lain misalnya adalah mahasiswa/pelajar yang membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk penyusunan skripsi, Lembaga Sosial yang digunakan sebagai dasar pengajuan donasi, calon pencari kerja, dll.

Nah, banyak sekali bukan manfaat/kegunaan akuntansi? Dari tadi ada istilah laporan keuangan / financial report sebetulnya apa itu laporan keuangan? Pada dasarnya pengertian laporan keuangan adalah informasi yang dihasilkan oleh pihak akuntansi keuangan setelah melaui siklus/proses akuntansi yang berguna dalam pengambilan keputusan oleh pihak internal/eksternal perusahaan. Selain itu juga laporan keuangan sebagai penghubung antara aktivitas perusahaan/data keuangan dengan pihak yang memiliki kepentingan.

Itu tadi adalah artikel singkat yang mengulas tentang akuntansi dasar, lebih jelasnya lagi silahkan baca artikel yang berjudul proses akuntansi karena artikel tersebut berkaitan erat dengan akuntansi dasar ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

Sumber :http://rocketmanajemen.com/akuntansi-dasar/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close