People Innovation Excellence

Apa itu Akuntansi Keuangan ?

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan – Ada banyak sekali cabang-cabang ilmu akuntansi yang ada. Semua cabang-cabang atau bidang-bidang tersebut sengaja dibuat/diciptakan guna memenuhi setiap kebutuhan perusahaan/usaha.

Karena, setiap instansi satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda, karena itulah diperlukan kesesuaian ilmu akuntansi yang diterapkan.

Definisi Akuntansi Keuangan

Lalu apa itu akuntansi keuangan? Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang membahas tentang penyiapan laporan keuangan yang sengaja ditujukan untuk pihak eksternal seperti para pemegang saham, debitur, kreditor, atau instansi pemerintahan.

Prinsip utama yang digunakan dalam akuntansi keuangan ialah persamaan akuntansi dimana Aset = Liabilitas + Ekuitas. Akuntansi keuangan berhubungan erat dengan proses pencatatan setiap transaksi untuk sebuah perusahaan/organisasi serta penyusunannya dilakukan dalam bentuk laporan berkala dari hasil pencatatan yang dilakukan tersebut.

Laporan yang disusun ini sangat penting digunakan bagi pihak yang berkepentingan, misalkan pihak manajer yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan, serta digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan kepada pemegang saham.

Hal penting lainnya dalam akuntansi keuangan ialah Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yaitu aturan-aturan yang wajib digunakan untuk pengukuran serta penyajian laporan keuangan/ financial report untuk kepentingan pihak eksternal.

Hal ini diharapkan supaya para pemakai serta penyusun laporan bisa saling berkomunikasi lewat laporan keuangan tersebut, sebab mereka menggunakan acuan / dasar yang sama yaitu SAK.

SAK ini mulai diaplikasikan di Indonesia pada tahun 1994 yang menggantikan Prinsip-Prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1984. Itu tadi adalah pembahasan singkat tentang akuntansi keuangan, semoga bermanfaat.

Sumber :http://rocketmanajemen.com/akuntansi-keuangan/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close