People Innovation Excellence

6 Profesi Menjanjikan Lulusan Akuntansi

Prospek Kerja Akuntansi

Prospek Kerja Akuntansi -Membahas masalah bisnis dan akuntansi memang tak pernah terlepas dari yang namanya pekerjaan. Pekerjaan memang menjadi goal/tujuan seseorang, misalkan kalau dia kuliah di dokter maka keinginan awalnya memang jadi dokter. Lalu bagaimana jika kamu lulusan sarjana akuntansi?

Profesi akuntansi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Karena akuntansi dibutuhkan oleh semua bidang bisnis, entah bisnis model apapun pasti membutuhkan akuntansi.

Karena akuntansi bisa dikatakan “nyawa” administrasi perusahaan, besar kecilnya perusahaan tetap membutuhkan akuntansi meskipun takarannya yang berbeda. Lalu apa saja profesi yang bisa diambil jika lulus dari kuliah jurusan akuntansi? Berikut ini 6 prospek kerja jurusan akuntansi :

1. Profesi Akuntan

Profesi akuntan adalah profesi yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama perusahaan yang besar. Karena seorang akuntan akan bertanggung-jawab atas setiap laporan keuangan/financial statment dalam perusahaan tersebut.

Karena itulah, akuntan sangat dibutuhkan dalam menganalisis keuangan termasuk didalamnya laba rugi, keluar masuk uang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan utama penentuan kebijakan perusahaan kedepannya. [Baca : Bidang-bidang Akuntansi]

2. Profesi Internal Auditor

Internal auditor bertugas memerika/mengaudit secara internal dalam perusahaan untuk kepetingan bagian manajemen perusahaan. Auditor bertugas memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan aslinya, selain itu juga internal auditor memiliki kewajiban untuk memastikan pihak manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien untuk kemajuan perusahaan.

3. Profesi Akuntan Publik

Bisa dikatakan kebalikan dari internal auditor yang mengaudit bagian dalam perusahaan, sedangkan akuntan publik adalah pihak independen dari luar perusahaan yang bertugas untuk mengaudit laporan keuangan/financial statement. [Baca : Profesi Akuntan Publik]

4. Akuntan Pajak

Akuntan pajak adalah akuntan yang bertugas menghitung nilai pajak suatu perusahaan. Tetapi tidak sekedar menghitung pajak yang harus dibayarkan, tetapi juga menganalisis dan memberikan saran kepada manajemen supaya harga pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah bisa seminimal mungkin tetapi tidak mencurangi peraturan pajak.

5. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja di pemerintahan. Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah.

Atau bisa juga mengaudit setiap instansi-instansi pemerintahan di berbagai tingkat pemerintahan/dapil. Sudut pandang yang dipakai akuntan pemerintah bukanlah untung rugi melainkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

6. Akuntan Pendidik

Terakhir adalah akuntan pendidik. Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas memberikan materi didalam kelas/diluar kelas. Gampangnya, akuntan pendidik adalah dosen/guru yang mengajar mata pelajaran/mata kuliah tentangakuntansi.

Tetapi, bisa juga menjadi seorang konsultan/pemateri acara-acara terkait akuntansi. Bisa juga akuntan pendidik bekerja dalam lembaga riset/penelitian yang secara khusus mempelajari masalah/isu tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

Nah, itu tadi sekilas tentang beberapa lowongan kerja akuntansi. Semoga cukup memberikan wawasan terutama bagi kamu yang sedang menempuh kuliah akuntansi. Lebih baik tetapkan pilihanmu dari sekarang, agar bisa mempersiapkan dengan sebaik mungkin.

Sumber :http://rocketmanajemen.com/prospek-kerja-akuntansi/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close