People Innovation Excellence

Mengenal Neraca Saldo (Balance Sheet)

Neraca saldo (balance sheet), yang biasanya juga disebut dengan istilah statement of financial position, melaporkan aktiva, liabilitas dan ekuitas pemegang saham sebuah perusahaan pada tanggal tertentu. Neraca saldo menyajikan informasi untuk memprediksi jumlah arus kas masa mendatang.

Neraca saldo biasanya digunakan untuk menilai tiga komponen penilaian perusahaan, yaitu likuiditas, solvabilitas dan fleksibilitas keuangan. Likuiditas mendeskripsikan jumlah waktu yang diperlukan untuk mengubah aktiva menjadi kas atau saat liabilitas terbayarkan. Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan membayar hutang-hutang pada saat hutang-hutang tersebut jatuh tempo. Likuiditas dan solvabilitas mempengaruhi fleksibilitas keuangan perusahaan. Sebuah perusahaan yang memiliki tingkat fleksibilitas keuangan yang tinggi akan lebih kuat bertahan di saat-saat buruk, untuk mengambil peluang investasi yang yang tidak terduga.

Elemen-elemen dalam neraca saldo antara lain:

  1. Aktiva (assets), merupakan sumber daya ekonomi yang diperoleh dan dikuasai oleh suatu perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu.
  2. Liabilitas (liability), merupakan pengorbanan ekonomis yang wajib dilakukan oleh perusahaan di masa yang akan datang dalam bentuk penyerahan aset atau pemberian jasa yang disebabkan oleh tindakan atau transaksi pada masa sebelumnya.
  3. Ekuitas (equity), merupakan hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban).

Contoh balance sheet:

balance-sheet-reconciliation


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close