Terdapat tiga tanggal penting yang berhubungan dengan dividen: (1) tanggal pengumuman pembagian dividen, (2) tanggal pencatatan, dan (3) tanggal pembayaran dividen. Biasanya, di antara beberapa tanggal tersebut berjarak dua sampai empat minggu.

Pada tanggal pengumuman pembagian dividen, dewan komisaris mengumumkan secara resmi kepada pemegang saham. Perusahaan membuat ayat jurnal untuk mengakui dividen kas dan hutang dividen.

Asumsikan pada 1 Desember 2011, PT. ABC mengumumkan untuk membagikan 50,000 dividen kas, maka ayat jurnal sebagai berikut:

Cash Dividends   50,000  
  Dividend Payable   50,000

Pada tanggal pencatatan, perusahaan menentukan kepemilikan dari jumlah saham yang beredar. Dalam jangka waktu antara tanggal pengumuman dan tanggal pembayaran, perusahaan mengupdate catatan kepemilikan sahamnya. Tidak ada ayat jurnal yang perlu dicatat pada tanggal ini karena hutang perusahaan yang diakui saat tanggal pengumuman tidak berubah.

Pada tanggal pembayaran dividen, perusahaan mengirimkan cek dividen kepada pemegang saham dan mencatat pembayaran atas dividen tersebut. Asumsikan pada tanggal 20 Januari PT. ABC membayarkan dividen kas, maka ayat jurnalnya adalah:

Dividend Payable   50,000  
  Cash   50,000