People Innovation Excellence

Ayat Jurnal Untuk Dividen Kas

Terdapat tiga tanggal penting yang berhubungan dengan dividen: (1) tanggal pengumuman pembagian dividen, (2) tanggal pencatatan, dan (3) tanggal pembayaran dividen. Biasanya, di antara beberapa tanggal tersebut berjarak dua sampai empat minggu.

Pada tanggal pengumuman pembagian dividen, dewan komisaris mengumumkan secara resmi kepada pemegang saham. Perusahaan membuat ayat jurnal untuk mengakui dividen kas dan hutang dividen.

Asumsikan pada 1 Desember 2011, PT. ABC mengumumkan untuk membagikan 50,000 dividen kas, maka ayat jurnal sebagai berikut:

Cash Dividends   50,000  
  Dividend Payable   50,000

Pada tanggal pencatatan, perusahaan menentukan kepemilikan dari jumlah saham yang beredar. Dalam jangka waktu antara tanggal pengumuman dan tanggal pembayaran, perusahaan mengupdate catatan kepemilikan sahamnya. Tidak ada ayat jurnal yang perlu dicatat pada tanggal ini karena hutang perusahaan yang diakui saat tanggal pengumuman tidak berubah.

Pada tanggal pembayaran dividen, perusahaan mengirimkan cek dividen kepada pemegang saham dan mencatat pembayaran atas dividen tersebut. Asumsikan pada tanggal 20 Januari PT. ABC membayarkan dividen kas, maka ayat jurnalnya adalah:

Dividend Payable   50,000  
  Cash   50,000

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close