People Innovation Excellence

Jenis-Jenis Aktiva Tidak Berwujud

Aktiva diklasifikasikan menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Aktiva lancar contohnya seperti kas, piutang dagang, investasi jangka pendek, dan persediaan. Aktiva tidak lancar terbagi menjadi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud.

Beberapa jenis aktiva tidak berwujud antara lain:

  1. Patent. Paten adalah sebuah hak eksklusif yang dikeluarkan oleh perusahaan hak paten yang memberikan kewenangan kepada penerima hak paten untuk memproduksi, menjual atau mengendalikan penemuan untuk jangka waktu tertentu sejak pemberian hak paten tersebut. Hak paten tidak dapat diperbarui, perusahaan hanya dapat memperpanjang umur paten dengan mendapatkan hak paten yang baru atas pengembangan dari rancangan awal. Harga perolehan hak paten adalah kas yang dibayarkan untuk mendapatkan paten tersebut.
  2. Copyright. Pemerintah memberikan copyright untuk memberikan pemilik hak eksklusif tersebut untuk menghasilkan dan menjual karya seni atau publikasi. Harga atas copyright adalah biaya mendapatkan dan mempertahankan copyright tersebut.
  3. Trademarks. Sebuah trademark adalah sebuah kata, frase atau simbol yang mengidentifikasi sebuah produk atau bisnis, contohnya seperti Coca Cola, Game Boy, Windows, dan Frappuccino. Trademark dapat meningkatkan penjualan dari produk. Pemilik produk dapat mendaftarkan nama-nama tersebut pada unit pemerintahan untuk mendapatkan hak proteksi atas nama-nama produk tersebut.
  4. Franchise dan license. Franchise adalah sebuah persetujuan kontraktual antara seorang franchisor dengan franchisee.Franchisor memberikan hak kepada franchisee untuk menjual produk tertentu, menyediakan jasa atau menggunakan trademark tertentu. Lisensi adalah hak untuk menggunakan produk atau jasa tertentu, seperti penggunaan jalan kota untuk jasa taksi, penggunaan lahan publik untuk telepon dan tiang listrik.
  5. Goodwill. Goodwill adalah bagian dari aktiva dalam neraca, yang mencerminkan kelebihan pembayaran atas aktiva yang dibutuhkan perusahaan dibandingkan dengan nilai pasar. Goodwill hanya akan dicatat perusahaan apabila perusahaan membeli bisnis orang lain.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close