People Innovation Excellence

Pertimbangan dan Tahapan Penyusunan Sistem Akuntansi

Penyusunan sistem akuntansi perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

Cepat,artinya sistem akuntansi harus mampu menyediakan informasi yang diperlukan tepat pada waktunya, dapat memenuhi kebutuhan, dan dengan kualitas yang sesuai.

Aman, yang berarti bahwa sistem akuntansi harus dapat membantu menjaga keamanan harta milik perusahaan. Untuk itu maka sistem akuntansi harus disusun dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip pengawasan internal.

Murah, yang berarti bahwa biaya untuk menyelenggarakan sistem akuntansi itu harus dapat ditekan sehingga relatif tidak mahal, dengan melakukan analisa perbandingan cost dan benefit dalam menghasilkan suatu informasi.

Ketiga faktor di atas harus dipertimbangkan secara bersamaan pada waktu organisasi ingin menyusun sistem akuntansi, tidak hanya salah satu faktor saja yang dipertimbangkan dengan mengabaikan faktor-faktor yang lain.

Penyusunan sistem akuntansi terdiri dari tahapan-tahapan umum sebagai berikut:

  1. Kajian awal atas kondisi dan status sistem akuntansi yang sudah berlaku;
  2. Penyusunan garis besar desain sistem akuntansi organisasi (terdiri dari: pemetaan prosedur dan penetapan kebijakan umum);
  3. Penyusunan desain rinci sistem akuntansi organisasi (mencakup: kebijakan masing-masing prosedur, alur prosedur dalam flow chart dan narasi, format formulir dan laporan);
  4. Pembahasan dan finalisasi desain rinci sistem akuntansi organisasi;
  5. Sosialisasi dan internalisasi sistem akuntansi organisasi.
Sumber: http://keuanganlsm.com/

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close