People Innovation Excellence

Rumusan Tujuan Pelaporan Keuangan

Berdasarkan uraian-uraian di atas penulis mengajukan suatu rumusan tujuan pelaporan keuangan yang mempertimbangkan aspek tanggungjawab sosial perusahaan dengan karakteristik sistem perekonomian Indonesia dan tuntutan arus globalisasi.

Tujuan untuk Memenuhi Kepentingan Investor dan Kreditor

  • Menyediakan informasi yang bermanfaat bagi investor dan kreditor, calon investor dan kreditor, serta pemakai lain dalam pengambilan keputusan investasi, kredit, dan keputusan lain sejenisnya secara rasional.
  • Menyediakan informasi yang bermanfaat bagi investor dan kreditor, calon investor dan kreditor, serta pemakai lain dalam mengevaluasi jumlah, saat, dan ketidakpastian penerimaan kas yang berasal dari dividen atau bunga dan dari penerimaan penjualan, penebusan atau pelunasan surat berharga atau pinjaman.
  • Menyediakan informasi mengenai sumber-sumber ekonomik suatu perusahaan, klaim terhadap sumber-sumber tersebut (kewajiban perusahaan untuk mentransfer sumber-sumber ekonomik kepada pihak lain yang berhak dan pemilik ekuitas), dan pengaruh transaksi-transaksi, kejadian-kejadian dan keadaan yang mempengaruhi komposisi dan jumlah sumber-sumber ekonomik tersebut serta klaim atas sumber-sumber ekonomik tersebut.

Tujuan untuk Memenuhi Kepentingan Pemerintah dan Masyarakat Luas

  • Menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk mengevaluasi tanggungjawab sosial perusahaan.
  • Menyediakan informasi mengenai pertukaran-pertukaran yang terjadi antara perusahaan dengan lingkungan alam dan sosialnya.
  • Menyediakan informasi mengenai manfaaat sosial (social benefit) dan biaya sosial (social cost) yang ditimbulkan akibat operasi perusahaan untuk jangka waktu periode tertentu.

Rumusan tujuan pelaporan keuangan sebagaimana di atas akan membawa konsekuensi pada pelaporan keuangan yang lebih luas daripada laporan keuangan konvensional. Pelaporan keuangan suatu perusahaan akan terdiri dari laporan neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan posisi keuangan dan laporan pertanggungjawaban sosial perubahan. Laporan neraca, laporan laba-rugi, dan laporan perubahan posisi keuangan merupakan media untuk memenuhi kepentingan investor dan kreditor serta pemakai lain, dalam pengambilan keputusan investasi dan kredit dan keputusan ekonomi lainnya yang relevan. Laporan pertanggungjawaban sosial merupakan media untuk memenuhi tanggungjawab sosial perusahaan kepada pihak pemerintah dan masyarakat luas. Pihak pemakai laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan akan menggunakan laporan tersebut sebagai alat bantu untuk mengevaluasi kelayakan operasi perusahaan dibandingkan dengan dampak positif dan negatif terhadap kualitas lingkungan alam dan sosial. Dengan dimasukkannya kepentingan masyarakat dan pemerintah ke dalam tujuan pelaporan keuangan perusahaan, maka laporan pertanggungjawaban sosial mempunyai kedudukan yang kuat sebagai bagian dari pelaporan keuangan eksternal perusahaan.

Tujuan untuk memenuhi kepentingan investor dan kreditor diturunkan dari tujuan pelaporan keuangan menurut FASB dalam SFAC No. 1 mengenai Objectives of Financial Reoprting by Business Enterprises. Tujuan tersebut lebih luas jika dibandingkan dengan yang ada didalam PAI 1984 atau SAK 1994, walaupun pihak yang dituju oleh pelaporan keuangan hampir sama.

Disarikan dari buku: Tujuan Pelaporan Keuangan, Penulis: Suwaldiman, M.Accy., SE., Akt., Hal: 69-71.

Sumber: http://keuanganlsm.com/

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close