People Innovation Excellence

Pengendalian Terhadap Kelengkapan dan Keakuratan Transaksi

Ada empat teknik pengendalian yang berhubungan secara khusus dengan kelengkapan dan keakuratan pemrosesan transaksi. Ada yang bersifat preventif maupun detektif, namun kebanyakan sistem akan merupakan kombinasi keduanya. Keempat teknik tersebut adalah:

  • Sequence Checking

Dokumen kunci seharusnya diberi nomor urut bercetak dan secara rutin dicek untuk mendapatkan keyakinan bahwa tidak ada pencatatan yang hilang. (hal ini tidak memberikan keyakinan mengenai keakuratan catatan)

  • Perbandingan (comparison)

Perbandingan antara sekumpulan dokumen atau catatan akuntansi dengan yang lainnya untuk mendeteksi ada tidaknya bukti-bukti atau catatan yang hilang.

  • Control Totals

Total sekumpulan dokumen atau catatan pada permulaan proses dibandingkan dengan total yang ada pada saat proses tersebut sudah selesai adalah untuk memberi keyakinan tentang kelengkapan dan keakuratannya. Idealnya, total tersebut dicek oleh seseorang yang independen terhadap prosesnya.

  • Reperformance

Reperformance merupakan teknik pengendalian di mana sebuah prosedur dilakukan oleh seorang personel dan kemudian dilakukan kembali secara independen oleh seorang lainnya, yang kemudian membandingkan hasilnya dengan hasil asli. Teknik ini biasa digunakan untuk mengecek hasil perhitungan.

Disarikan dari buku: Audit Sektor Publik, Penulis: Indra bastian, Akt., M.B.A., Ph.D., Halaman: 12-13.

 

Sumber: http://keuanganlsm.com/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close