People Innovation Excellence

Mekanisme Pengajuan Pengurangan Pajak

Masing-masing negara yang dikaji memiliki mekanisme yang bervariasi dalam proses pengajuan klaim pengurangan pajak (tax deduction). Namun, ada dua persamaan yang berlaku di hampir semua negara. Negara-negara yang dikaji umumnya memberlakukan bukti tertulis yang diberikan oleh organisasi nirlaba penerima sumbangan sebagai bukti untuk mengajukan klaim pengurangan pajak. Selain itu, klaim pengurangan pajak umumnya dilakukan di akhir tahun pajak.

Di Afrika Selatan, misalnya, penyumbang individu maupun perusahaan yang memberikan sumbangan kepada organisasi nirlaba akan mendapatkan kuitansi tertanggal pemberian sumbangan. Kuitansi ini dianggap sebagai bukti sah yang harus dilampirkan pada saat pengajuan pengurangan pajak. Pengurangan pajak dapat dilakukan dalam bentuk tax rebate yang diperhitungkan di akhir tahun dengan melampirkan kuitansi tertanggal formal yang dikeluarkan oleh lembaga penerima.

Mekanisme yang sama juga berlaku di Banglades dan India. Di Banglades, donatur yang memberikan sumbangan akan mendapatkan kuitansi tertulis dari organisasi penerima. Kuitansi ini nantinya bisa digunakan sebagai lampiran untuk mendapatkan keuntungan pajak dari pemerintah. Sementara ketentuan perpajakan di India menyebutkan bahwa semua sumbangan kepada oraganisasi nirlaba atau karitas tertentu harus diperinci dan bukti sumbangan (kuitansi atau sertifikat) harus dilampirkan ketika mengajukan pengurangan pajak.

Disarikan dari buku: Kebijakan Insentif Perpajakan untuk Organisasi Nirlaba, Penulis: Hamid Abidin, Yuni Kusumastuti, Zaim Saidi, Hal: 42-43.

Sumber: http://keuanganlsm.com/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close