People Innovation Excellence

Laba Atas Ekuitas (Return On Equity/ROE)

Laba atas ekuitas mengukur besarnya pengembalian terhadap investasi para pemegang saham. Angka tersebut menunjukkan seberapa baik manajemen memanfaatkan investasi para pemilik perusahaan.

5-8-2015 2-18-08 PM

Rasio yang rendah menunjukkan bahwa para pemilik atau investor sebenarnya bisa menghasilkan lebih banyak uang jika melakukan investasi di tempat lain. Namun demikian, rasio ini harus dipertimbangkan dalam sudut pandang apa yang sedang terjadi selama siklus usaha yang sedang berlangsung, seperti perluasan usaha, atau perubahan ekonomi.

Rasio yang tinggi berarti manejemen telah melakukan tugasnya dengan baik (atau mereka menyembunyikan sesuatu hingga laporan tahunan selesai). Pada umumnya, semakin tinggi rasio semakin baik.

Rasio ini berkaitan dengan laba atas aktiva (return on assets/ROA) bila dimodifikasi dengan rasio operasional dan faktor pengali modal. Rasio akan berubah dengan adanya variasi dalam perputaran aktiva operasional, dan factor pengali modal.* (EBIT/earning before interest and taxes atau pendapatan sebelum bunga dan pajak disebut juga sebagai laba operasional dalam laporan rugi-laba.)

5-8-2015 2-18-38 PM

*Disebut factor pengali modal karena hutang juga digunakan untuk membiayai aktiva, namun seluruhnya adalah milik para pemegang saham.

Disarikan dari buku: Dasar-Dasar Analisis Keuangan, Penulis: James O. Gill, Hal: 71.

 

Sumber: http://keuanganlsm.com/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close