People Innovation Excellence

Kemenkeu Akan Terapkan Akuntansi Berbasis Akrual

 

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menerapkan akuntansi pemerintahan berbasis akrual atau dicatat ketika transaksi terjadi. Hal ini guna menyediakan informasi yang lebih baik terutama dalam menyajikan informasi terkait pengukuran kinerja pemerintah di seluruh Kementerian maupun Lembaga.

“Ini untuk meningkatkan opini laporan keuangan menjadi wajar tanpa pengecualian,” kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di kantornya, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Menurutnya, pemerintah telah melakukan banyak persiapan untuk menerapkan akuntansi berbasis akrual berupa penyesuaian regulasi di bidang akuntansi dan pelaporan keuangan, pembangunan sistem aplikasi, peningkatan kapasitas SDM, serta penguatan komitmen penyelenggara pemerintah.

“Sebetulnya secara fundamental acrual basis sudah dikenal di seluruh masyarakat. Hanya itu lebih ke private atau bisnis, nah bagaimana supaya bisa menerapkan di pemerintahan,” kata dia.

Dia menambahkan, sebelumnya pemerintah menerapkan cash basis dalam melakukan pencatatan keuangan. Cash basis merupakan pencatatan berdasarkan keluar masuknya uang.

Adapun acrual basis, merupakan pencatatan laporan keuangan yang berdasarkan transaksi keuangan yang terjadi pada saat itu juga meskipun objek transaksi belum berada di tangan.

Untuk itu, Kemenkeu menyelenggarakan Kick Off Implementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual di Kemenkeu. Acara ini merupakan simbol dimulainya penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual dalam Undang-Undang yang menyatakan bahwa 2015 merupakan awal penyusunan laporan keuangan berbasis akrual oleh pemerintah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close