Foto P2M SMK 1 Bekasi_Accounting Dept Binus

Pada Februari 2014 jurusan akuntansi menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada SMK Negeri 1 Bekasi. Dihadiri oleh 4 fasilitator dari jurusan akuntansi Univ Bina Nusantara. Dalam kegiatan tersebut para fasilitator berinteraksi dengan para siswa sekolah tersebut, dimana rata-rata adalah siswa kelas 1 dan 2 dari SMKN 1 Bekasi jurusan akuntansi.

Dalam kegiatan yang berlangsung tanggal 20 Februari 2014 tersebut para fasilitator dari jurusan akuntansi antara lain Pariang Siagian, Kriswanto, Ignatius Edward Riantono, Engelwati Gani dan Mohamad Heykal menberikan penjelasan tentang materi pemodelan keuangan dan juga materi accounting software accurate yang berguna dalam kegiatan di dunia kerja.

Materi diberikan secara bersamaan secara bergantian. Dalam pemodelan keuangan para peserta diberikan konsep yang tepat bagaimana merancang suatu fungsi produksi dimana biaya dapat diminimalisasi dan keuntungan yang didapat dapat dimaksimalisasi. Juga bagaimana agar para peserta yang merupakan anak-anak SMK tersebut dapat mempergunakan fungsi Microsoft excel dengan lebih baik dalam kegiatan produksi sehingga maksimalisasi laba dan minimalisasi biaya dapat tercapai. Selain itu juga diberikan penjelasan bagaimana melakukan pencatatan hasil penjualan secara cepat dan ringkas di dalam Microsoft excel. Dengan begitu para peserta dapat mempergunakan fungsi Microsoft excel secara lebih maksimal dalam dunia bisnis. Apalagi sangat disadari bahwa para lulusan SMK sangat diharapkan untuk langsung terampil dalam dunia kerja.

Sementara materi berkaitan dengan accounting software accurate program dijelaskan dengan tujuan agar para peserta didik selepas dari pendidikan berbasis keterampilan tersebut mampu untuk mengaplikasikan dan menjalankan fungsi MYOB sesuai dengan bidang pekerjaan yang mereka akan tekuni. Beberapa manfaat dari program tersebut dapat dipergunakan untuk kegiatan transaksi penjualan, transaksi pembelian dan juga untuk pembuatan jurnal akuntansi secara umum.