People Innovation Excellence

Akuntansi untuk Social Gaming (bagian 2)

Pembahasan mengenai Akuntansi untuk Social Gaming di bagian 1 (link di sini : http://accounting.binus.ac.id/2012/08/08/akuntansi-untuk-social-gaming-bagian-1/) tentang pengakuan pendapatan dari transaksi social gaming menunjukkan bahwa managemen memiliki peluang untuk memanipulasi laporan keuangan. Berikut ini pembahasannya.

Di bagian pertama dari artikel ini, dijelaskan bahwa pendapatan dari transaksi social gaming dapat dilakukan dengan 3 pendekatan: (1) game based – di mana mengakuan pendapatan dilakukan dengan sangat lambat disesuaikan dengan keberadaan game tersebut (2) user based – pengakuan pendapatan lebih cepat dari model (1) – disesuaikan dengan lamanya seorang pemain (gamer) bermain dalam game tersebut dan (3) speedy item based – tergantung dari berapa penggunaan item-item khusus dalam permainan tersebut. Contoh transaksi dari pendekatan ke-2 disebut dengan durable virtual items seperti contohnya sebuah traktor yang bisa digunakan untuk menggarap lahan di game Farmville di mana traktor tersebut digunakan sepanjang masa gamer memainkan game tersebut. Transaksi dari pendekatan ketiga disebut consumbale virtual items – seperti misalnya poin yang langsung digunakan pemain untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dalam game Farmville (istilahnya instant grow).

Jika diperhatikan lebih lanjut, model pengakuan pendapatan di atas memiliki tingkat subjektivitas yang tinggal kepada managemen dalam menentukan (1) umur keberadaan game dan (2) lamanya gamer memainkan game tersebut. Perbedaan penentuan lama/sebentarnya tersebut, bisa berimbas pada besarnya pengakuan pendapatan yang dilakukan perusahaan dan tentunya berimbas pada laba bersih perusahaan. Di titik ini, kontroversi tersebut mencuat.

Contoh kasus di atas terjadi pada Zynga – perusahaan yang memproduksi social gaming menggunakan platform Facebook sepreti Farmville, Zynga Poker dan Mafia Wars. Pada Laporan bulan Oktober 2011, Zynga melakukan koreksi terhadap laporan keuangannya dengan mengubah perkiraan rata-rata lamanya seorang gamer memainkan game online dari 19 bulan menjadi 15 bulan. Dengan semakin singkatnya rata-rata tersebut, maka pendapatan Zynga pada 6 bulan pertama di tahun 2011 NAIK sebesar $27,3 juta sehingga  mengubah situasi rugi bersih (net loss) menjadi laba bersih (net profit) sebesar $18,1 juta. Perubahan tersebut dilakukan persis sebelum Zynga melakukan IPO di bulan pertengahan bulan Desember dengan harga jual $10 per lembar saham.

Dari contoh di atas dapat dilihat bahwa penerapan useful life yang tidak konsisten membuat perhitungan pendapatan dan laba bersih menjadi sangat subjektif dalam industri social gaming. Standar Akuntansi tentang Pendapatan sendiri tidak mengatur secara spesifik mengenai social gaming karena memang Standar disusun untuk mengacu pada semua industry secara umum (principle based) tidak khusus pada suatu transaksi atau industri (rule-based). Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi regulator dan auditor dalam menentukan mana penerapan akuntansi yang tidak merugikan pengguna informasi keuangan.


Published at : Updated
Written By
Gatot Soepriyanto, SE.,Ak.M.Buss (Acc)
Head of Accounting and Finance Departement
Leave Your Footprint
  1. Bolehkah saya meminta alamat email head of accounting and finance department?

    Rifqi Muhammad Tjahjono
    Staff of OGX GIP at AIESEC Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close