People Innovation Excellence

Belajar dari Nenek: Save or Sorry!

Artikel ini sedikit banyak terinsipirasi dari single terbaru Wali Band yang berjudul Nenekku Pahlawanku. Dalam konteks yang hampir mirip, Nenek saya (Mbah dalam bahasa Jawa) juga menjadi “pahlawan” saya dalam memberikan inspirasi tentang perencanaan keuangan. Simak ceritanya berikut ini.

Pribadi tanpa tujuan hidup, ibarat burung tanpa sayap, begitu ucap orang-orang bijak. Dalam praktiknya tujuan hidup mencakup pula tujuan keuangan pribadi anda. Apakah anda ingin punya smartphone terbaru dalam waktu dekat? Ingin liburan ke Wakatobi dan Bali? Ingin beli tas merek terbaru mungkin? Atau ganti laptop misalnya? Itu sebagian tujuan keuangan jangka pendek dari sebagian para mahasiswa/dosen.

Terkait dengan tujuan keuangan pribadi, Nenek saya adalah seorang “perencana keuangan” yang luar biasa. Mbah Sulastri namanya. Usianya sudah 87 tahun, ia tdk punya penghasilan tetap kecuali dari pemberian 9 anak-anaknya yang sudah berkeluarga dan sedikit uang pensiun dari suaminya yang telah tiada.

Pada Lebaran tahun lalu, ia mengumpulkan ke 9 anaknya. Ia merasa ini waktu yg tepat untuk membagikan apa yang selama ini ia simpan. Ya, mbah Sulastri yang notabene tidak ada penghasilan tetap membagikan: uang 3 juta rupiah per anak, 10 gram emas per anak dan menitipkan 30 juta rupiah untuk biaya pemakaman dan perawatan makam saat ia wafat nanti serta biaya tahlilan (doa) sampai 1000 hari setelah kematiannya.

Luar biasa bukan?

Mbah Sulastri ternyata sudah menabung dari uang pemberian anaknya sejak puluhan tahun lalu. Setiap rupiah yg ia dapatkan ia simpan di bank dan atau belikan emas. Ia berdisiplin setiap bulannya untuk dapat menggapai tujuan keuangannya. Jangan dibayangkan uang setiap bulan yang ia tabung begitu banyak – sebagai orang desa, uang yang diberikan anaknya tidaklah terlalu berlebihan.

Tapi ia paham, uang yang sedikit itu jika ia himpun, lama-lama bisa menjadi bukit.

Dalam kaitannya dengan perencanaan keuangan, apa yang bisa kita pelajari dari beliau?

1. Penting untuk menentukan tujuan keuangan Anda;

2. Gunakan/alokasikan uang dengn bijak utk mencapai tujuan keuangan anda;

3. Menabung saja tidak cukup, tapi anda perlu berinvestasi;

4. Berdisiplin dalam mencapai tujuan anda.

Apapun tujuan keuangan anda, sangat penting untuk menilai bagaimana diri anda sekarang, bagaimana rencana ke depan dan bagaimana mencapainya.

Save or sorry? It’s all on your hand.

 


Published at : Updated
Written By
Gatot Soepriyanto, SE, Ak, M.Buss (Acc)
Head of Department Accounting BINUS University
Leave Your Footprint
  1. Wah, artikelnya tegas sekali, Save or Sorry! πŸ™‚

    Thanks for sharing Pak Gatot, memang segala sesuatu dapat dimulai dari hal yang terkecil sekalipun!

    Seperti kata orang-orang, perjalanan yang jauh itu dimulai dari satu langkah kecil ^^

  2. Artikelnya bagus.. benar Pak, menabung tidak cukup dan kita perlu berinvestasi. Resiko tidak berinvestasi jauh lebih besar dari pada berinvestasi.

    Binusian 2007
    SI-MN

  3. wah super sekali artikelnya…!
    benar sekali pak Gatot segala sesuatunya bila ingin tujuannya berhasil kita harus disiplin diri

    2 (dua) jempol dah buat Mbah Sulastri…

  4. maksudnya “save or sorry” apa y?? πŸ˜€
    trus kaitannya sama artikelnya??mohon pencerahannya biar tidak terjerumus ke lembah kesesatan,,, πŸ˜€

  5. sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit… pepatah tentang menabung jaman dahulu… ternyata masih tetap relevan ya…

    good article Mr. G….

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close